Ganjar Bertemu Mahfud MD, Pengamat Sebut Bisa Dongkrak Elektoral Pemilih Milenial

Selasa, 12 September 2023 – 13:34 WIB
Ganjar Bertemu Mahfud MD, Pengamat Sebut Bisa Dongkrak Elektoral Pemilih Milenial - JPNN.com Jatim
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau panen raya padi dan berdialog dengan petani di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3). Foto: Biro Sekratariat Kepresidenan.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengamat Politik Universitas Airlangga, Suko Widodo mengungkapkan Mahfud MD dapat mendongkrak elektoral Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 dari kalangan milenial.

Hal itu menanggapi adanya pertemuan yang dilakukan bakal calon presiden (bacapres) PDIP Ganjar Pranowo dengan Menkopolhukam Mahfud MD pada Minggu (10/9) lalu.

Dia mengungkapkan saat ini, data pemilih milenial mencapai 61 persen dari total pemilih. Lebih dari 70 persen pemilih milenial itu melek digital dan memiliki akses untuk mencari track record orang yang akan mereka pilih.

Sejauh ini, bagi Suko, Mahfud MD menjadi sosok yang kuat bagi anak muda.

“Saya melihat dari media sosial, komunikasi politik, kinerja, dan isu-isu. Saya kira dari aspek popularitas dan tren preferensi cukup tinggi di Mahfud MD. Skalanya itu nasional, bukan hanya di Jawa Timur semata," kata Suko, Senin (11/9).

Menurutnya, Mahfud memiliki magnet atau daya tarik yang kuat bagi pemilih mendatang yang menginginkan penegakan hukum dan pemberantasan kriminalitas, baik white collar atau blue collar crime.

“Meski secara usia bukan lagi milenial,  Mahfud bisa masuk ke segmentasi itu tanpa khawatir dan tanpa polesan. Duduk persoalan hukum dan bisa memberikan solusi bagi problem yang selama ini jadi pembicaraan anak muda,” ujarnya.

Suko juga menilai Mahfud MD menjembatani Ganjar dengan para  pemilih dari kalangan nahdliyin, apalagi PBNU sudah menegaskan bahwa mereks tidak bermain politik. Makanya, kesempatan Mahfud sangat terbuka lebar.

Jika Ganjar-Mahfud dipasangkan, diklaim bisa tingkatkan elektoral pemilih milenial.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News