Ganjar Creasi Latih Peternak & Petani di Lamongan Budidaya Maggot

Sabtu, 09 September 2023 – 21:12 WIB
Ganjar Creasi Latih Peternak & Petani di Lamongan Budidaya Maggot - JPNN.com Jatim
Ganjar Creasi saat memberikan pelatihan budidaya maggot kepada petani dan peternak di Desa Mendogo, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, Sabtu (9/9). Foto: Dok. Sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, LAMONGAN - Generasi Alumni Muda UB-ITS-Unair bersama Ganjar Creasi mengadakan pelatihan budidaya maggot kepada warga Desa Mendogo, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, Sabtu (9/9).

Selama pelatihan, sukarelawan Ganjar Pranowo tersebut memberikan ilmu dan edukasi kepada puluhan petani dan peternak tentang potensi maggot dalam dunia pertanian dan peternakan.

Koordinator Ganjar Creasi Jatim Ilham Hasan mengatakan maggot bisa dijadikan pakan ternak, bahkan kotorannya bisa menjadi pupuk untuk tanaman.

"Jadi, ketika kita memelihara maggot, siklusnya itu bisa berguna untuk apapun. Mudah memelihara, hasilnya pun bisa untuk pakan (ternak), pupuk, dan lain sebagainya," kata Ilham.

Memang bentuknya menggelikan, tetapi budidaya maggot memiliki banyak keuntungan. Bukan sekadar teknik pemeliharaannya yang mudah, tetapi juga punya potensi ekonomis.

"Kenapa memilih maggot karena budidayanya cukup mudah. Dengan bahan-bahan yang tersedia di lapangan, bisa dilakukan. Bahannya bisa dari kotoran hewan, dan kotoran dari maggot bisa dijadikan pupuk," ujarnya.

Para peserta tampak antusias dan bersemangat mengikuti jalannya pelatihan. Ilham menyebut, hal itu terjadi karena budidayanya terbilang asing buat mereka.

Lewat kegiatan ini, sukarelawan beranggotakan para alumni mahasiswa tersebut berharap para petani dan peternak yang mengikuti pelatihan bisa mempraktikkan ilmu yang telah mereka dapat.

Petani dan peternak di Lamongan mendapatkan edukasi tentang budidaya maggot untuk potensi ekonomi
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News