4 Anggota Komplotan Pencuri Sapi di Jember Diciduk, Ternak Nyaris Terjual

Selasa, 14 September 2021 – 22:45 WIB
4 Anggota Komplotan Pencuri Sapi di Jember Diciduk, Ternak Nyaris Terjual - JPNN.com Jatim
Barang bukti yang diamankan polisi dari pelaku pencurian hewan ternak di Jember. ANTARA/HO-Polres Jember

jatim.jpnn.com, JEMBER - Aparat Polres Jember, Jawa Timur, menangkap empat orang yang diduga komplotan pencuri ternak berinisial masing-masing FR (30), TR (37),YL (30), dan JH (57).

"Adapun dua orang lainny, GM dan SL masih DPO (buronan)," kata Kasat Reskrim Polres Jember, AKP Komang Yogi Arya Wiguna, Selasa (14/9) malam.

Dia menceritakan penangkapan itu bermula dari seorang warga Mulyorejo, Silo, kehilangan ternaknya dari dalam kandang.

Pencuri diduga masuk ke rumah korban dengan mencukil jendela rumah untuk memotong tali sapi dan sekaligus mengambil telepon genggam milik penghuni rumah.

"Komplotan pencuri ternak itu sudah merencanakan untuk mencuri ternak di Desa Mulyorejo dengan berkumpul di rumah salah satu anggota komplotan, yakni GM yang kini masih buron," ujar dia.

Komang menuturkan awalnya FR ditelepon oleh GM yang kini masih DPO untuk diajak mencuri ternak sapi milik korban, dua hari kemudian FR berkumpul bersama SL yang juga masih DPO, dan TR di rumah GM.

"Empat tersangka tersebut berangkat dari rumah GM menuju ke rumah korban untuk melakukan aksinya dengan menggunakan sebuah mobil Panther dengan masing-masing perannya," ujar dia.

Komang mengatakan GM sebagai pemotong tali pengait sapi dan membawa ternak keluar dari kandang. Sementara FR dan SL menjaga di luar kandang, kemudian YL sebagai sopir Panther yang digunakan untuk mengangkut sapi.

Sumber Antara