Minta Donasi Palestina dengan Paksaan, 2 WNA Pakistan Ditahan Imigrasi Blitar

Rabu, 08 Mei 2024 – 19:47 WIB
Minta Donasi Palestina dengan Paksaan, 2 WNA Pakistan Ditahan Imigrasi Blitar - JPNN.com Jatim
Petugas Imigrasi Blitar saat jumpa wartawan terkait dengan penahanan dua WNA berkebangsaan Pakistan di Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar, Jawa Timur, Selasa (7/5). ANTARA/Asmaul Chusna

jatim.jpnn.com, BLITAR - Dua warga negara asing (WNA) berkebangsaan Pakistan ditahan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar setelah diadukan masyarakat atas perlakuan mereka melakukan pengumpulan donasi dengan paksaan.

Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham Jatim Herdaus mengatakan keduanya ditangkap dalam Operasi Jagratara untuk meminimalkan tindakan pelanggaran keimigrasian. Keduanya ialah MI (45) dan MA (44).

"Kami menahan keduanya di Kanigoro, Kabupaten Blitar. Keduanya pemegang izin tinggal kunjungan yang diterbitkan di Bandara Juanda Surabaya pada 31 Januari 2024 berlaku sampai 25 Maret 2024," kata Herdaus, Selasa (7/5).

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi kelas II Non-TPI Blitar Arief Yudistira menyebut penyidik telah memeriksa MI dan MA. Keduanya masuk dan berada di Malaysia untuk pengumpulan donasi.

Kemudian mereka mendarat di Bandara Juanda lalu melanjutkan ke Bandar Lampung untuk melakukan pengumpulan donasi.

MI dan MA lalu melanjutkan perjalanan ke Jakarta dan memperoleh perpanjangan izin tinggal yang diterbitkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur berlaku tanggal 25 Maret sampai dengan 28 Mei 2024.

Kemudian melanjutkan perjalanan ke Malang, Pasuruan, Tulungagung dan Blitar dengan tujuan yang sama, yakni pengumpulan donasi.

Total donasi yang terkumpul juga cukup besar hingga sekitar Rp263 juta. Modus pengumpulan donasi dilakukan dengan dalih untuk Palestina. Untuk di wilayah Imigrasi Blitar, keduanya sudah tinggal sekitar dua pekan.

2 WNA asal Pakistan meminta donasi untuk Palestina secara paksaan yang ternyata peruntukannya tidak tepat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News