Motif Pembunuhan Berencana oleh Warga Malang Terkuak, Konon Istri Meninggal Disantet

Jumat, 20 Oktober 2023 – 15:01 WIB
Motif Pembunuhan Berencana oleh Warga Malang Terkuak, Konon Istri Meninggal Disantet - JPNN.com Jatim
Warga Malang melakukan pembunuhan berencana tetangganya. Ilustrasi pembunuhan. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Motif pembunuhan berencana oleh tersangka berinisial S (55) terhadap tetangganya, K, di Desa Ganjaran, Kec. Gondanglegi, Kab. Malang, terkuak.

Wakapolres Malang Kompol Wisnu S Kuncoro menjelaskan motif pembunuhan berencana itu ialah dendam lama yang telah dipendam oleh tersangka sejak kematian istrinya.

"Dendam yang berlarut-larut. Pada 2015, istri tersangka meninggal dan dia berasumsi bahwa tetangga depan rumah atau korban melakukan praktik santet," katanya, Jumat (20/10).

Sebagai informasi, istri tersangka meninggal setelah sakit tiga bulan lamanya. Pelaku berasumsi bahwa korban yang merupakan ketua RT dan ustaz tersebut menyantet sang istri.

Berawal dari dendam kesumat tersebut, lanjut Wisnu, pelaku lantas berencana membunuh korban. Pelaku telah menyiapkan senjata tajam berupa sabit untuk menjalankan rencananya itu.

Sesuai rencana, pembunuhan dilakukan pada 18 Oktober 2023, yang bertepatan dengan adanya kegiatan orkes di Desa Ganjaran.

Pelaku sengaja memilih waktu itu agar tidak menarik perhatian warga lainnya. Dia menunggu korban di depan rumahnya sejak pukul 19.00 WIB.

"Masyarakat banyak berkumpul di lokasi kegiatan orkes. Pelaku menunggu hingga pukul 21.45 WIB. Korban yang akan masuk rumah, dihampiri oleh pelaku," ujar Wisnu.

Pelaku pembunuhan berencana di Malang melakukan pembacokan hingga dua kali. Dia sempat ganti sabit sebelum membunuh korban.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News