Komisi Yudisial Pantau Langsung Sidang Mas Bechi di Surabaya, Ini Pesannya

Senin, 05 September 2022 – 17:40 WIB
Komisi Yudisial Pantau Langsung Sidang Mas Bechi di Surabaya, Ini Pesannya - JPNN.com Jatim
Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial Joko Sasmito (berjas dan hem biru) saat tiba di PN Surabaya. Foto: Dok Via for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Persidangan ke-12 kasus pencabulan santriwati di Jombang dengan terdakwa Mochamad Subchi Azal Tsani atau Mas Bechi kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (5/9).

Persidangan yang digelar pukul 10.06 WIB dipantau langsung oleh Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial (KY) Joko Sasmito.

Joko mengatakan kunjungannya tersebut untuk melakukan pengawasan terhadap sidang perkara yang menyita perhatian publik.

"KY mendengar banyak pemberitaan media dan publik sehingga kami memandang perlu turun langsung ke lapangan,” kata Joko.

Pihaknya mengutarakan KY hadir dalam kasus-kasus yang menjadi perhatian publik.

“Tadi, saya sudah bertemu bersama semua pihak, dari hakim, pengacara, hingga terdakwa. Semua diingatkan harus bertindak sesuai jalurnya,” ujarnya.

Joko menilai hakim dalam menyidangkan perkara tentu ada pedomannya. Begitu juga dengan jaksa.

“KY netral, berharap semua pada jalurnya masing-masing. Hakim juga menyidangkan perkara tentunya ada pedomannya, artinya UU formal maupun materiel. Jaksa juga ada aturan yang harus ditegakkan sama dengan pengacara,” tuturnya.

Komisi Yudisial meminta masyarakat melapor jika ada dugaan pelanggaran etik oleh hakim, termasuk dalam perkara terdakwa Mas Bechi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News