Viral, Wali Kota di Jawa Timur Disebut Lagi Cari Dana, Awas

Selasa, 31 Mei 2022 – 17:02 WIB
Viral, Wali Kota di Jawa Timur Disebut Lagi Cari Dana, Awas - JPNN.com Jatim
Modus penipuan catut nama Wali Kota Probolinggo. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Probolinggo

jatim.jpnn.com, PROBOLINGGO - Nama Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin dicatut melalui nomor telepon palsu yang beredar di masyarakat setempat.

"Ya, saya mendapat laporan dari masyarakat yang menerima pesan dari WhatsApp. Mereka menanyakan apa itu saya? Jelas, itu bukan saya," kata Hadi, Selasa (31/5).

Akun tersebut juga menampilkan foto Wali Kota Probolinggo dalam gambar profilnya.

Akun itu menggalang donasi untuk yayasan ponpes dan panti asuhan kepada masyarakat Kota Probolinggo selama beberapa hari terakhir.

"Dalam pesan WA itu, isinya meminta penggalangan dana untuk ponpes dan panti asuhan. Dahulu juga pernah terjadi, tetapi penggalangan donasi untuk rumah tahfiz dan PAUD," tuturnya.

Menurutnya pesan singkat hoaks yang banyak beredar di masyarakat itu memanfaatkan momen tertentu sekaligus mencari celah kelengahan korban.

Pasalnya, kebanyakan mereka mengaku sebagai pejabat atau publik figur sehingga mudah memakai foto-foto diri yang sudah beredar luas.

"Saya meminta masyarakat waspada dan segera mencari tahu kebenarannya. Masyarakat harus ekstra hati-hati. Nomor palsu dari orang yang tidak bertanggung jawab jika mengirim pesan, segera laporkan saja," katanya.

Wali Kota di Jawa Timur disebut-sebut sedang butuh dana dan beberapa hari terakhir meminta-minta kepada masyarakat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News