Sukarelawan Bencana Erupsi Semeru Laporkan Adanya Posko Pengungsian Fiktif

Kamis, 16 Desember 2021 – 20:59 WIB
Sukarelawan Bencana Erupsi Semeru Laporkan Adanya Posko Pengungsian Fiktif - JPNN.com Jatim
Posko fiktif yang terletak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang yang terpergok relawan. Foto: dok. Ivonne

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Seorang sukarelawan di Lumajang sekaligus Sekretaris On Scene Commander (OSC), Ivonne menemukan dugaan pendirian posko pengungsian fiktif bencana erupsi Gunung Semeru dan tindak eksploitasi kemiskinan.

Dia mengungkapkan bahwa terduga pelaku berinisial S, warga Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

"Apa yg dilakukan oleh saudara S sangatlah meresahkan banyak orang," tuturnya, Kamis, (16/12).

Ivonne menambahkan S juga melakukan eksploitasi kemiskinan dengan membawa anak-anak dan orang lanjut usia (lansia) untuk dipublikasikan di media sosial.

Di sisi lain, saudara S juga menggunakan lahan orang lain untuk membuka posko tanpa adanya izin dari pemiliknya.

"S dan komplotannya selalu mangaku kepada sukarelawan yang datang bahwa tidak pernah menerima bantuan dari pemerintah desa, padahal mereka adalah pengungsi fiktif," katanya.

Pasalnya, S tidak terdampak erupsi bencana Gunung Semeru. Rumahnya aman dan tidak terkena abu vulkanik maupun awan panas guguran.

"Pada malam hari, saudara S bolak-balik mengambil barang-barang yang diperoleh dari penggalangan donasi yang dilakukannya lewat media sosial,” ujarnya.

Para relawan menemukan poskp fiktif yang dibangun oleh beberapa warga tidak terdampakm erupsi Gunung Semeru
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News