Gumelar Siapkan Sejumlah Program Menyongsong Bonus Demografi 2030

Senin, 07 Oktober 2024 – 23:32 WIB
Gumelar Siapkan Sejumlah Program Menyongsong Bonus Demografi 2030 - JPNN.com Jatim
Bonus demografi menati Kota Batu, Mas Gum siapkan langkah ini. Foto: source JPNN

jatim.jpnn.com, BATU - Indonesia akan berada pada puncak periode bonus demografi pada tahun 2030. Kota Batu juga akan berdampak pada hal tersebut.

Bonus demografi itu harus dimanfaatkan sedemikian rupa untuk memajukan Kota Batu. Sebelum sampai pada periode tersebut, wilayah itu harus dibenahi mulai sekarang.

Ketua Tim Media Center Koalisi Pemenangan Firhando Gumelar- Rudi (GURU) Cakra Negara menjelaskan membutuhkan perencanaan yang matang dan terukur di sejumlah sektor agar manfaat adanya bonus demografi di Kota Batu ini dapat benar-benar dirasakan.

“Bonus demografi akan berdampak pada angkatan kerja, yakni dengan meningkatnya jumlah orang usia produktif, negara memiliki potensi untuk meningkatkan aktivitas ekonomi, usaha, bisnis dan industri, yang pada gilirannya dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi khususnya untuk Kota Batu,” kata Cakra, Senin (7/10).

Maka dari itu, untuk bisa memanfaatkan bonus demografi di Kota Batu ini diperlukan sosok pemimpin yang memahami anak muda.

Menurutnya, jika tidak disiapkan dengan benar, justru Kota Batu akan mengalami bencana demografi.

Mengacu pada puncak bonus demografi pada tahun 2030, di tahun 2024 hingga 2029 ini adalah waktu yang paling penting untuk menyiapkan semua infrastruktur dan program yang mendukung, dan bisa memfasilitasi skill maupun minat anak-anak muda khususnya anak muda di Batu.

Maka dari itu saat memasuki periode tersebut, Cakra optimistis Kota Batu bisa menjadi kota maju dan kota wisata terbaik di Indonesia karena memiliki banyak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dari pemuda-pemudinya yang ikut ambil peran.

Bonus demografi menati Kota Batu, Mas Gum siapkan langkah ini
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News