Gumelar Berencana Bangun Museum Wisata & Budaya Jika Terpilih Wali Kota Batu

Rabu, 02 Oktober 2024 – 21:00 WIB
Gumelar Berencana Bangun Museum Wisata & Budaya Jika Terpilih Wali Kota Batu - JPNN.com Jatim
Cawali Batu Firhando Gumelar tawarkan program Batu Smart Infrastruktur untuk atasi permasalahan banjir. Foto: source JPNN

jatim.jpnn.com, BATU - Calon Wali Kota Batu nomor urut 2 Firhando Gumelar menginisiasi program pembangunan museum wisata budaya dan sejarah, jika terpilih.

Keberadaan museum itu dianggap penting bagi warga Kota Batu, terutama generasi muda setempat.

Juru bicara Firhando Gumelar Mukhlis Ndoyo Said menjelaskan rencana pembuatan museum wisata budaya dan sejarah di Kota Batu ini terinspirasi dari museum-museum di luar negeri, seperti di Washington Amerika Serikat dan di Leiden Belanda yang ternyata banyak menginventarisir peninggalan-peninggalan Kerajaan Nusantara di masa lalu.

Menurutnya, kota penghasil buah apel ini menyimpan banyak misteri yang harus dipecahkan tentang budaya dan sejarah.

Banyak penemuan-penemuan di Kota Batu yang seharusnya dapat diinventarisir melalui komunikasi dengan lembaga terkait.

“Ada Balai Arkeologi, Badan Pelestarian Cagar Budaya, dan tentunya di sini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan harus menjadi motor untuk bagaimana ke depan asset-aset itu bisa menjadi bahan edukasi, khususnya untuk masyarakat Kota Batu,” kata Mukhlis, Rabu (2/10).

Mukhlis meyakini, jika Kota Batu memiliki museum akan menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun asing.

“Selain itu untuk bahan edukasi masyarakat Kota Batu khususnya bagi generasi muda agar lebih bangga dan mencintai Kota Batu,” jelasnya.

Ini program uggulan Mas Gum maju Pilkada 2024, bakal bangun museum wisata dan sejarah untuk tanamkan rasa cinta dan bangga.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News