Bjorka Bocorkan 6 Juta Data NPWP, Jokowi Minta Kominfo Hingga BSSN Lakukan Ini

Jumat, 20 September 2024 – 09:34 WIB
Bjorka Bocorkan 6 Juta Data NPWP, Jokowi Minta Kominfo Hingga BSSN Lakukan Ini - JPNN.com Jatim
Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja di Pasar Dukuh Kupang Surabaya, Jumat (20/9). Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Hacker Bjorka kembali menggegerkan Indonesia lantaran diduga kembali melakukan peretasan jutaan data Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

Ada sekitar enam juta data Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang diduga dibocorkan dan dijual Bjorka di Breach Forums.

Dari jutaan data itu, beberapa di antaranya adalah milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan kedua putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Menanggapi hal itu, Presiden Jokowi meminta pihak terkait, yakni Kementerian Kominfo hingga Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melakukan mitigasi.

“Kemarin saya sudah menyampaikan segera dimitigasi semuanya,” kata Jokowi saat kunjungan kerja di Pasar Dukuh Kupang Surabaya, Jumat (20/9).

Dia mengeklaim peretasan atau pencurian data itu juga dialami oleh banyak negara. Maka dari itu, mitigasi penting untuk dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

“Paling penting dimitigasi secepat-cepatnya dan tidak kejadian lagi,” ucapnya.

Sebelumnya, dugaan kebocoran data itu diungkapkan pendiri Ethical Hacker Indonesia Teguh Aprianto dalam unggahannya di X pada Rabu (18/9).

Respons Jokowi soal dugaan peretasan 6 juta data oleh Bjorka, minta segera lakukan mitigasi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News