Bacabup Lumajang Thoriqul Haq Diperiksa Polda Jatim Soal Skema Bantuan Erupsi Semeru

Selasa, 03 September 2024 – 20:02 WIB
Bacabup Lumajang Thoriqul Haq Diperiksa Polda Jatim Soal Skema Bantuan Erupsi Semeru - JPNN.com Jatim
Bakal Calon Bupati (Bacabup) Lumajang 2024 Thoriqul Haq atau akrab dipanggil Cak Thoriq diperiksa Ditreskrimsus Polda Jatim, Selasa (3/9) terkait skema aliran penerimaan dana bantuan erupsi Semeru 2021-2022. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Bakal Calon Bupati Lumajang 2024 Thoriqul Haq atau akrab dipanggil Cak Thoriq diperiksa Ditreskrimsus Polda Jatim, Selasa (3/9).

Cak Thoriq diperiksa sekitar pukul 14.00 WIB dan keluar sekitar pukul 18.12 WIB. Pemeriksaan akan dilanjutkan setelah Isya.

Cak Thoriq mengatakan tujuannya di Polda untuk dimintai keterangan terkait penerimaan dan penyaluran dana bantuan penanggulangan erupsi Semeru pada tahun 2021-2022. 

Dia menjelaskan selama ini banyak lembaga yang menerima bantuan untuk peristiwa erupsi Semeru, seperti dari Baznas, Pramuka, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Laziznu Muhammadiyah, dan Laziz NU. 

Selama lembaga tersebut menerima bantuan, Pemerintah Kabupaten Lumajang tidak pernah dilibatkan, bahkann tidak pernah melakukan penunjukan kepada lembaga-lembaga tersebut untuk menerima bantuan. 

“Ngobrol menjelaskan banyak hal, terutama banyak lembaga yang menerima dana bantuan. Salah satunya Baznas, Pramuka, NGO, LSM yang juga menerima bantuan, satu demi satu diuraikan itu adalah soal bantuan yang diterima oleh lembaga-lembaga itu,” jelasnya.

Menurutnya, selama lembaga-lembaga tersebut menerima bantuan, Pemkab tidak pernah menerima laporan secara rinci dana itu diperuntukkan untuk apa. Seharusnya, berdasarkan SOP-nya, Pemkab harus mengetahui hal tersebut.

“Saya sampaikan Pramuka menerima bantuan miliaran, tetapi pemda tidak mendapat laporan berapa dapat secara utuh operasional untuk apa saja tidak dapat,” katanya.

Cak Thoriq diperiksa Polda Jatim soal skema dana bantuan bencana erupsi Semeru 2021-2022
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia