Telkom University Kembangkan Aplikasi Tuk Permudah Pelaporan Kegiatan Dinsos Jatim

Jumat, 16 Agustus 2024 – 21:30 WIB
Telkom University Kembangkan Aplikasi Tuk Permudah Pelaporan Kegiatan Dinsos Jatim - JPNN.com Jatim
Telkom University kembangkan aplikasi pengelolaan data E-PSKS untuk mempermudah pelaporan aktivitas bagi Dinsos Jatim. Foto: Dok. Telkom University Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tim pengabdian masyarakat dari Telkom University Surabaya mengadakan pertemuan dengan Dinas Sosial Provinsi Jatim baru-baru ini.

Pertemuan itu membahas perkembangan terbaru E-PSKS, rencana integrasi server, dan pengembangan aplikasi tersebut.

Ketua tim pengabdian masyarakat Affifiana Prisyanti, S.Kom., M.Kom., mengatakan kegiatan itu bertujuan meningkatkan aplikasi pelaporan yang mempermudah Dinsos Jatim melaporkan berbagai aktivitas bersama para pemangku kepentingan.

Sejauh ini, timnya telah menyelesaikan empat pilar utama, yaitu TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan), Karang Taruna, PSM (Pekerja Sosial Masyarakat), dan LKS (Lembaga Kesejahteraan Sosial).

“Aplikasi ini telah diuji coba oleh stakeholder dari Dinsos Jatim sebagai pengguna utama dan hasil uji coba menunjukkan respons positif,” ujar Affifiana tertulis, Jumat (16/8).

Setelah pertemuan itu, timnya akan mengintegrasikan aplikasi dengan sistem yang digunakan Dinsos Jatim agar manfaatnya segera dirasakan.

Integrasi server itu melibatkan Kominfo yang berwenang melakukan pengujian kelayakan aplikasi sebelum diintegrasikan dengan Dinsos Jatim.

“Salah satu aspek pengujian yang akan dilakukan adalah terkait dengan keamanan data aplikasi tersebut,” katanya.

Pengembangan aplikasi E-PSKS yang dilakukan dosen dan mahasiswa Telkom University akan mempermudah pelaporan kegiatan Dinsos Jatim.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News