Bantu Naik Kelas, Telkom University Bekali Pelaku UMKM Pengelolaan Laporan Keuangan

Senin, 07 Oktober 2024 – 17:09 WIB
Bantu Naik Kelas, Telkom University Bekali Pelaku UMKM Pengelolaan Laporan Keuangan - JPNN.com Jatim
Telkom University Surabaya saat memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM di Ngagel Rejo terkait pengelolaan data menggunakan MS Excel. Foto: Dok. Telkom University Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Telkom University Surabaya melalui Prodi Teknik Industri menggelar pelatihan khusus bagi pelaku UMKM di Ngagel Rejo.

Mereka dibekali keterampilan dasar Excel untuk membantu mengelola data secara efisien, termasuk pembuatan laporan keuangan dan visualisasi data untuk mendukung keperluan administrasi.

Kegiatan pelatihan itu diisi dua orang dosen, yakni Paramaditya Arismawati, S.T,. M.T dan Huki Chandra, S.T., M.Sc dan lima mahasiswa antara lain Muhammad Fikri Juli Anugerah, Maulidia Eka Erlina, Najwa Zuklizatuz Zahiroh, Friska Nur Azizah, dan Afrienna Melani.

"Kegiatan ini menjadi salah satu peran nyata kampus dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu hadir di tengah masyarakat memberikan keterampilan dan pengelolaan data," ujar Ketua Program Pengabdian Masyarakat Telkom University Surabaya Paramaditya tertulis, Senin (7/10).

Dia menjelaskan materi pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku UMKm dan mencakup pengenalan Microsoft Excel, manfaat, fungsi, dan praktik dasar pengelolaan data.

"Excel dipilih karena merupakan aplikasi pengolah data yang mudah digunakan oleh semua kalangan dan memiliki banyak fitur yang mendukung efisiensi serta akurasi dalam pengelolaan data," jelasnya.

Dalam pelatihan itu, peserta diajarkan langkah-langkah praktik dalam menggunakan MS Excel untuk mengelola data secara efisien.

“Di era digital, pengelolaan data yang baik menjadi faktor penting dalam meningkatkan produktivitas," katanya.

Telkom University Surabaya memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM di Ngagel Rejo terkait pengelolaan data menggunakan MS Excel.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News