Lestarikan Budaya Leluhur Lewat Kirab Budaya Festival Joko Dolog

Jumat, 26 Juli 2024 – 20:32 WIB
Lestarikan Budaya Leluhur Lewat Kirab Budaya Festival Joko Dolog - JPNN.com Jatim
Kirab Budaya Festival Joko Dolog diikuti oleh ratusan masyarakat berlangsung meriah, Kamis (25/7). Foto: source JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kirab Budaya Festival Joko Dolog diikuti oleh ratusan masyarakat berlangsung meriah pada Kamis (25/7).

Kegiatan Kirab Budaya itu mengambil rute dari Situs Arca Joko Dolog menuju Jalan Basuki Rahmat, Taman Apsari, dan kembali ke lokasi awal dengan penampilan beragam elemen budaya yang memukau.

Drumband dari berbagai sekolah, barisan dari berbagai komunitas budaya, hingga masyarakat umum turut serta dalam arak-arakan yang meriah itu.

Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Surabaya Achmad Hidayat mengatakan acara itu menjadi bukti nyata semangat gotong royong dan komitmen melestarikan warisan budaya leluhur.

"Festival Joko Dolog ini adalah bukti nyata semangat gotong royong warga Embong Kaliasin dalam melestarikan budaya dan tradisi leluhur," ujar Achmad.

Setelah melakukan kirab, mereka berkumpul di satu lokasi. Ada satu momen yang paling ditunggu, yaitu pembagian dua gunungan yang terdiri dari gunungan apem dan gunungan hasil bumi kepada masyarakat.

"Tradisi ini melambangkan rasa syukur atas keberlimpahan hasil bumi dan semangat berbagi kepada sesama," kata dia.

Achmad juga menyampaikan komitmen kepemimpinan Eri Cahyadi-Armuji dan Ketua DPRD Adi Sutarwijono dalam melestarikan kehidupan budaya di Kota Pahlawan.

Ratusan masyarakat antusias ikuti Kirab Budaya Festival Joko Dolog
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News