4 Langkah Penting Bagi Perusahaan untuk Atasi Stres Karyawan di Tempat Kerja

Kamis, 18 Juli 2024 – 13:02 WIB
4 Langkah Penting Bagi Perusahaan untuk Atasi Stres Karyawan di Tempat Kerja - JPNN.com Jatim
Employee Benefit Director BPA Insurance Broker, Dede Hikmat Adhari. Foto/Dok Pribadi

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Beban pekerjaan yang berlebihan di tempat kerja bisa menjadi faktor terbesar penyebab stres karyawan. Berdasarkan laporan Workplace Health Report 2024, sebanyak 79 karyawan mengalami stres di tempat kerja.

Selain beban pekerjaan yang berlebihan, ruang gerak yang dibatasi dan minimnya dukungan dari rekan kerja menjadi penyebab utama timbulnya stres.

Kemudian dari sisi eksternal, faktor penyebab stres adalah isu finansial 41 persen, relationship 34 persen, dan parenting 27 persen.

Employee Benefit Director PT Barron Pandu Abado (BPA Insurance Broker) Dede Hikmat Adhari mengatakan karyawan harus dihargai dan didukung untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan harmonis.

"Menciptakan lingkungan kerja yang positif adalah keharusan bagi perusahaan karena tidak hanya bisa mengurangi tingkat stres, tetapi membantu meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan," ujar Dede tertulis, Selasa (17/7).

Dede membagikan empat langkah penting yang bisa dilakukan perusahaan untuk mempersiapkan lingkungan kerja yang baik bagi karyawan:

1. Memastikan karyawan bekerja sesuai keahlian dan minat

Menempatkan karyawan dalam posisi yang tepat dan lingkup kerja yang sesuai dapat membuat mereka mengeluarkan versi terbaik diri mereka.

Beban kerja menjadi faktor internal terbesar penyebab stres di tempat kerja, yaitu sebesar 65 persen. Maka dari itu, penting untuk memastikan karyawan berada di posisi yang tepat dengan beban kerja wajar.

Berikut langkah-langkah perusahaan untuk mengatasi stres para karyawannya, ciptakan hal ini.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia