Timses dan KPPS di Ponorogo Stres Akut, Alami Mual Hingga Paranoid

Sabtu, 24 Februari 2024 – 10:35 WIB
Timses dan KPPS di Ponorogo Stres Akut, Alami Mual Hingga Paranoid - JPNN.com Jatim
Petugas menutup pintu bangsal pasien jiwa di RSUD dr. Harjono Ponorogo, Kamis (22/2). ANTARA/HO-Is

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Sejumlah tim sukses dan petugas pemungutan suara di Kabupaten Ponorogo stres akut seusai pencoblosan Pemilu 2024 ditandai gejala mual, pusing, hilang nafsu makan, hingga sulit tidur.

Fakta itu disampaikan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa RSUD dr Harjono Ponorogo dr Andri Nurdianasari berdasarkan data kunjungan pasien yang berlatar timses ataupun KPPS, PPS, PPK di wilayah setempat.

"Totalnya ada sepuluh orang yang sudah konsultasi ke kami. Ada yang ke (tempat) praktik ada yang ke RS, macam-macam ada yang timses ada juga yang PPPK," kata dr Andri, Jumat (23/2).

Menurutnya, rata-rata mereka berkonsultasi dengan kondisi psikis yang dialami pascapencoblosan. Beberapa pasien berlatar timses, bahkan mengalami gejala paranoid, yang ditandai dengan rasa khawatir berlebihan mengarah pada rasa takut.

Dia menjelaskan dari hasil diagnosis serta konsultasi yang dilakukan mayoritas mereka mengalami tidak bisa tidur (insomnia), kehilangan nafsu makan, sakit perut, mual, dan pusing.

"Kalau timses awalnya karena hasilnya tidak sesuai dengan harapan, kalau KPPS itu karena beban kerja selama ini. Ada juga yang sampai paranoid," ungkapnya.

Andri mengaku tidak mengetahui secara pasti pasiennya tersebut merupakan dari timses mana maupun KPPS mana, tetapi setiap konsultasi pasiennya bercerita awal gejala yang dialami.

"Kurang tahu saya timses apa, yang jelas saat mengobrol baru tahu dari ini dan dari ini," ujarnya.

Sejumlah tim sukses dan KPPS di Ponorogo stres akut, mengalmai mual hingg paranoid seusai pencoblosan Pemilu 2024.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News