Kebakaran di Kawasan Bromo Padam, Pembasahan Masih Terus Dilakukan

Minggu, 23 Juni 2024 – 15:34 WIB
Kebakaran di Kawasan Bromo Padam, Pembasahan Masih Terus Dilakukan - JPNN.com Jatim
Kondisi Gunung Batok di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) pascakebakaran, Minggu (23/6). ANTARA/HO-Humas BB TNBTS

jatim.jpnn.com, MALANG - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Batok kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akhirnya padam.

Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS Septi Eka Wardhani mengatakan kebakaran yang terjadi di Gunung Batok berada tepat di sebelah Gunung Bromo padam pada Sabtu (22/6) pukul 21.55 WIB.

"Kebakaran yang terjadi pada 22 Juni 2024 itu telah berhasil dikendalikan dan padam sepenuhnya pada pukul 21.55 WIB," kata Septi.

Dia menjelaskan meskipun api telah dipadamkan sepenuhnya, tim gabungan yang melakukan penanganan karhutla tetap melakukan pendinginan dan pembasahan di area yang terbakar.

Menurutnya, pembasahan kawasan yang terdampak kebakaran tersebut dilakukan hingga Minggu (23/6). Pembasahan dan pendinginan tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada sisa bara api yang bisa memicu terjadinya kebakaran lain.

BB TNBTS belum bisa memastikan penyebab kebakaran yang terjadi di Gunung Batok tersebut. Petugas masih melakukan pengumpulan bahan dan keterangan untuk memastikan penyebab kebakaran.

Kebakaran di Gunung Batok dilaporkan terjadi pada Sabtu (22/6) dini hari kurang lebih pukul 03.30 WIB. Namun, kebakaran tersebut berhasil dipadamkan kurang lebih pada pukul 05.00 WIB.

Kemudian, pada titik yang sama kembali muncul api kurang lebih pukul 08.00 WIB. Tim yang bersiaga melakukan pemadaman api selama kurang lebih 15 menit. Kebakaran saat itu telah dipadamkan.

Hingga Minggu (23/6), petugas masih berusaha melakukan pembasahan dan pendinginan di Gunung Batok kawasan TNBTS yang mengalami kebakaran.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News