Sebagian Kawasan Bromo Kebakaran, BPBD Jatim Berjibaku Melakukan Pemadaman

Minggu, 23 Juni 2024 – 13:32 WIB
Sebagian Kawasan Bromo Kebakaran, BPBD Jatim Berjibaku Melakukan Pemadaman - JPNN.com Jatim
Tim BPBD Jatim melakukan upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sabtu (22/6) malam. ANTARA/HO-BPBD Jatim

jatim.jpnn.com, MALANG - Sebagian Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengalami kebakaran pada Sabtu (22/6). Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Jatim berjibaku memadamkannya.

Kepala BPBD Jatim Gatot Soebroto mengatakan kebakaran tersebut sempat padam di titik Mororejo dan Podokoyo kawasan TNBTS. Namun, terbakar lagi.

"Kali ini, kobaran api menjalar di Kawasan Gunung Batok Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan," kata Gatot.

BPBD Jatim kembali melakukan reaksi cepat dengan menerjunkan tim ke lokasi kejadian. Tim membawa peralatan pemadaman, seperti gepyok, jet shutter, truk tangki, dan pompa alkon.

Bersama tim gabungan dengan BPBD Kabupaten Pasuruan, BPBD Kabupaten Probolinggo, Tim TNBTS, TNI, Polri, dan relawan Masyarakat Peduli Api (MPA), TRC BPBD Jatim turut berjibaku melakukan pemadaman api di lokasi kejadian.

"Selain dengan gepyok dan ranting pohon, pemadaman kali ini juga dilakukan dengan penyemprotan air, termasuk dengan jetshooter, seperti yang dilakukan TRC BPBD Jatim," ujar dia.

Namun, angin yang berhembus di lokasi kejadian begitu kencang, kobaran api cepat menjalar hingga puncak Gunung Batok dan terus meluas ke sisi barat.

"Sampai dengan malam ini, (Sabtu malam), tim gabungan masih terus berjibaku memadamkan api di lokasi kejadian," ucapnya.

Tim BPBD Jatim berjibaku melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di kawasan Bromo.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News