Asrama Haji Debarkasi Surabaya Siapkan Alur Kepulangan Haji

Sabtu, 22 Juni 2024 – 12:07 WIB
Asrama Haji Debarkasi Surabaya Siapkan Alur Kepulangan Haji - JPNN.com Jatim
Sekretaris PPIH Asrama Haji Debarkasi Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kloter pertama haji asal Bojonegoro dijadwalkan akan tiba di Bandara Internasional Juanda hari ini, Sabtu (22/6) pukul 21.05 WIB.

Setelah mendarat di bandara, mereka bakal menuju Asrama Haji Debarkasi Surabaya untuk dilakukan pemeriksaan sebelum pulang ke daerah asal.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Abdul Haris mengatakan pihaknya bersama sejumlah stakeholder telah melakukan rapat terkait penerimaan haji.

Rapat itu dilakukan bersama sejumlah pihak di antaranya Angkasa Pura, bandara, pihak keamanan, Dinas Kesehatan, BBKK, Saudi Airline, Asrama Haji, RS Haji, RS Menur, dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Jadi, kami koordinasikan bagaimana sistem penjemputan, mitigasi untuk jemaah-jemaah yang sakit, risiko tinggi, dan usia lanjut. Tadi sudah disampaikan flow untuk alur jemaah, mulai dari bandara, ke Asrama Haji, sudah kami lakukan secara detail,” kata Haris saat ditemui di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, Jumat (21/6).

Haris mengungkapkan jemaah haji bisa dijemput langsung di Asrama Haji Debarkasi Surabaya asalkan mendapatkan izin dari Kemenag kabupaten/kota.

“Caranya adalah meminta surat keterangan dari kabupaten/kota untuk melakukan penjemputan secara khusus. Nanti akan kami fasilitasi, mobil bisa masuk ke area ring satu, tetapi tidak bisa mendekat ke kedatangan jemaah di Hall Mina atau Muzdalifah,” jelasnya.

Adapun untuk pembagian air zam-zam akan dilakukan oleh Saudi Airline. Di tahun 2024, seluruh haji mendapatkan jatah lima liter per orang.

Haji yang tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya bisa dijemput langsung oleh keluarga, asal kantongi surat izin
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News