Viral Jemaah Haji Asal Madura Diduga Jualan Rujak di Arab Saudi, Ternyata

Jumat, 21 Juni 2024 – 22:07 WIB
Viral Jemaah Haji Asal Madura Diduga Jualan Rujak di Arab Saudi, Ternyata - JPNN.com Jatim
Jagat dunia maya dihebohkan dengan video jemaah haji asal Madura yang diduga berjualan rujak di tengah menjalakan ibadah rukun islam ke-5 tersebut. Foto: tangkapan layar

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Jagat dunia maya dihebohkan dengan video jemaah haji asal Madura yang diduga berjualan rujak saat sedang menjalankan ibadah rukun Islam ke-5 tersebut.

Dalam video yang beredar, tampak dua orang perempuan mengenakan baju ihram dan pakaian biasa sedang melayani pembeli jemaah haji laki-laki yang juga berasal dari Madura.

Video berdurasi singkat itu juga menunjukan lapak yang dilengkapi dengan ulekan dan beberapa bahan-bahan makananan untuk membuat rujak. Beberapa jemaah haji laki-laki tampak mengantre membeli.

Merespons hal tersebut, Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Abdul Haris mengatakan video yang beredar itu tidak benar.

Dia menjelaskan orang yang berjualan rujak merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang memang telah lama menetap di sana.

“Cobeknya orang Madura yang mungkin tinggal di sana. Kalau sudah musim begini, teman-teman Madura itu jualan di luar hotel,” kata Haris saat ditemui di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jumat (21/6).

Menurutnya, jika dipikir secara logika, tidak mungkin seorang jemaah haji yang sedang melakukan ibadah justru berjualan di Arab Saudi.

“Kedua, dari mana dia kulakan rujak, apalagi dalam jumlah banyak,” tuturnya.

Tanggapan PPIH Embarkasih Surabaya terkait video viral jemaah haji asal Maduran jualan rujak di Arab Saudi
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News