Drop 3 Hari Menjelang Pulang, Haji asal Madiun Meninggal di Tanah Suci

Kamis, 04 Juli 2024 – 10:35 WIB
Drop 3 Hari Menjelang Pulang, Haji asal Madiun Meninggal di Tanah Suci - JPNN.com Jatim
Pj Wali Kota Madiun Eddy menyerahkan akta kematian dan santunan secara simbolis kepada ahli waris Hj Soekati, warga Jalan Banda Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo, Madiun yang meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji di Makkah, Rabu (3/7). ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

jatim.jpnn.com, MADIUN - Seorang haji asal Kota Madiun dilaporkan meninggal di Makkah, Arab Saudi seusai menjalani perawatan di rumah sakit setempat.

Haji yang meninggal itu bernama Soekati binti Amat Saim yang meninggal di Rumah Sakit Saudi National Hospital (SNH) pada Selasa (2/7) pukul 12.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau pukul 16.30 WIB.

"Tentu kami semua berduka atas meninggalnya almarhumah. Hari ini kami turut berbelasungkawa sekaligus mengantarkan akta kematian dan santunan kematian kepada keluarga," ujar Pj Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto saat di rumah duka Jalan banda Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Mangunharjo, Rabu (3/7).

Haji berusia 84 tahun tersebut belum bisa pulang ke Tanah Air lantaran harus menjalani perawatan di Makkah. Kondisinya drop sekitar tiga hari menjelang kepulangan pada akhir Juni.

Dia sempat mendapatkan perawatan dari tim dokter di hotel, lalu dirujuk ke Rumah Sakit An-Nur Makkah pada Selasa 25 Juni 2024. Namun, kondisinya tak kunjung membaik dan dirujuk ke Saudi National.

Surono, anak Soekati yang turut mendampingi beribadah haji mengatakan ibunya mulai mengalami sesak napas dan batuk selepas melaksanakan serangkaian ibadah di Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina).

"Yang dikeluhkan pada waktu itu sesak dan perut keras karena batuk terus. Sudah diberikan bantuan oksigen termasuk terapi pengasapan untuk melegakan pernapasan, tetapi belum membaik dan akhirnya dibawa ke rumah sakit," kata dia.

Surono menyampaikan terima kasih kepada tim dokter yang sudah bekerja sangat baik selama mendampingi ibunya. Juga kepada Kemenag yang sudah berupaya memberikan pelayanan yang terbaik, seperti mengganti kursi pesawat Soekati ke kelas bisnis agar bisa digunakan rebahan.

Pj Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya haji perempuan bernama Soekati yang meninggal karena sakit.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News