33 Jemaah Haji Asal Embarkasi Surabaya Meninggal Dunia di Arab Saudi

Sabtu, 22 Juni 2024 – 10:35 WIB
33 Jemaah Haji Asal Embarkasi Surabaya Meninggal Dunia di Arab Saudi    - JPNN.com Jatim
Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Abdul Haris. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 33 jemaah haji asal Embarkasi Surabaya dilaporkan meninggal dunia saat menjalankan rukun Islam ke-5 di tahun 2024. Jumlah itu turun drastis dibandingkan pada 2023 yang mencapai 169 jemaah haji.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPI) Embarkasi Surabaya Abdul Haris menyampaikan apabila dihitung secara persentase jumlah tersebut mencapai 18 persen dari 188 jemaah asal Indonesia yang wafat di Arab Saudi.

“Untuk Embarkasi Surabaya ada 33 orang jemaah yang wafat, kalau dikalkulasi secara keseluruhan mencapai 18 persen dari keseluruhan jemaah yang wafat ada 188 jemaah,” kata Haris saat ditemui di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jumat (21/6).

Haris memerinci dari 33 jemaah yang wafat, dua orang wafat di Madinah, 24 orang di Makkah, satu orang di Arafah, dan enam orang di Mina.

“Jenis kelamin 21 orang pria, dan 12 orang wanita,” bebernya.

Menurutnya, rata-rata penyebab meninggal dunia karena mengalami sesak napas dan jantung.

“Terbanyak sesak napas dan jantung. Kalau stroke belum menemukan. Jumlah tersebut berdasarkan rilis yang kami terima dari PPIH Arab Saudi,” ujar dia.

Berikut asal daerah jemaah yang wafat saat melaksanakan ibadah haji 2024, Bojonegoro lima, Sidoarjo dua, Kediri dua, Gresik satu, Mojokerto satu.

Haji 2024, 33 jemaah Embarkasi Surabaya wafat di Makkah hingga Madinah
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News