Kesehatan Menurun Jelang Ritual Jumrah, Jemaah Haji asal Trenggalek Meninggal

Jumat, 21 Juni 2024 – 10:05 WIB
Kesehatan Menurun Jelang Ritual Jumrah, Jemaah Haji asal Trenggalek Meninggal - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Jamaah haji menyentuh Ka'bah saat tawaf ifadah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis (20/6). Jamaah haji melakukan tawaf ifadah yang menjadi rukun haji usai melakukan wukuf di Arafah dan lempar jamrah di Jamarat. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - Peserta haji asal Kabupaten Trenggalek dilaporkan meninggal dunia di Tanah Suci akibat kondisi kesehatannya menurun menjelang ritual Jumrah Aqabah.

Kasi Pelaksana Haji dan Umrah Kemenag Trenggalek Agus Prayitno mengatakan peserta haji yang meninggal bernama Imam Muhtar Bin Imam Subaweh (60).

Peserta haji asal RT 05/RW 03 Dusun/Desa Krandegan, Kecamatan Gandusari, itu dilaporkan meninggal di Kota Mina.

Total peserta haji asal Trenggalek yang meninggal hingga saat ini tercatat dua orang. Sebelumnya, peserta haji asal Bumi Menak Sopal yang meninggal dilaporkan atas nama Muhaji (69) warga Desa Ngetal, Kecamatan Pogalan.

"Kedua jamaah haji kita (asal Trenggalek) yang meninggal semua karena sakit. Kondisi kesehatan menurun saat menjalankan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci," kata Agus, Kamis (20/6).

Sesuai ketentuan Pemerintah Arab Saudi, baik Muhaji maupun Imam Muhtar dimakamkan di Tanah Suci. "Keduanya dimakamkan di sana," ujarnya.

Agus mengimbau kepada jamaah haji asal Trenggalek selalu menjaga kesehatan di tengah cuaca panas ekstrem di Tanah Suci, apalagi dari 530 peserta haji yang berangkat, 310 orang atau 58,5 persen berusia di atas 60 tahun.

"Jemaah jaga kesehatan dan banyak minum air putih, jangan melakukan aktivitas yang tidak bermanfaat, di dalam kamar hotel saja apabila tidak ada keperluan yang sangat penting," tuturnya. (antara/mcr12/jpnn)

Jemaah haji asal Trenggalek meninggal dunia karena kondisi kesehatan menurun menjelang ritual Jumroh Aqobah.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News