Korban Longsor di Lumajang Masih Belum Ditemukan, Tim SAR Terkendala Cuaca

Senin, 10 Juni 2024 – 11:34 WIB
Korban Longsor di Lumajang Masih Belum Ditemukan, Tim SAR Terkendala Cuaca - JPNN.com Jatim
Tim SAR gabungan melakukan pencarian korban longsor di Desa/Kecamatan Pronojiwo, pada Minggu (9/6). ANTARA/HO-Basarnas Jember

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Satu korban yang tertimbun longsor di Desa Pronojiwo, Kabupaten Lumajang belum ditemukan hingga hari keenam operasi SAR dilakukan.

"Korban atas nama Junaedi masih belum ditemukan. Pencarian tim SAR hari ini masih nihil," kata Koordinator Tim SAR dari Basarnas Jember Rudi Prahara, Minggu (9/6) malam.

Rudi mengatakan puluhan personel yang terlibat dalam Tim SAR gabungan sudah berusaha maksimal melakukan pencarian di lokasi longsor. Namun, masih belum membuahkan hasil.

"Hari ini kami melakukan pencarian bersama keluarga korban, tetapi hasilnya masih nihil. Mudah-mudahan bisa segera ditemukan," ujarnya.

Dia menjelaskan pencarian sementara dihentikan pada siang menjelang sore hari lantaran ada longsor kecil dan turun hujan gerimis sehingga dikhawatirkan membahayakan Tim SAR gabungan.

"Seluruh personel Tim SAR saya tarik mundur karena khawatir ada longsor susulan sehingga operasi SAR dihentikan sementara pada Minggu sore," tuturnya.

Rudi mengakui ada beberapa kendala dalam melakukan pencarian korban lantaran lokasi longsoran berada di bawah tebing dan kondisinya rawan longsor susulan. Tim SAR gabungan harus ekstra hati-hati dalam melakukan pencarian dengan memprioritaskan keselamatan petugas.

"Selain itu, tumpukan material longsor yang cukup tebal dan tidak sedikit juga menjadi salah satu kendala untuk menemukan korban yang tertimbun longsor," ungkapnya.

Cuaca buruk dan terdapat longsor susulan kecil meyulitkan Tim SAR dalam proses pencarian korban longsor di Lumajang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News