Tim SAR Temukan Jenazah Ketiga Korban Tambang Pasir Longsor di Lumajang

Jumat, 07 Juni 2024 – 12:05 WIB
Tim SAR Temukan Jenazah Ketiga Korban Tambang Pasir Longsor di Lumajang - JPNN.com Jatim
Tim SAR gabungan menemukan jenazah korban Rohim pada hari ketiga pencarian pada Kamis (6/6) sore. Foto: Humas SAR Surabaya.

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Tim SAR gabungan kembali menemukan satu korban yang menemukan tanah longsor di Desa Pronojiwo, Kabupaten Lumajang pada Kamis (6/6) sekitar pukul 17.00 WIB. Dengan demikian, total korban yang telah ditemukan sebanyak tiga orang.

"Ada satu korban atas nama Rohim (45) warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo ditemukan dalam kondisi meninggal dunia ," kata Komandan Operasi SA Rudi Prahara.

Rudi menjelaskan jenazah Rohim ditemukan sekitar 20 meter dari lokasi penemuan korban Dwi Suprapto yang sebelumnya ditemukan pada Rabu (5/6).

"Puluhan personel gabungan berusaha maksimal melakukan pencarian korban longsor menggunakan beberapa metode, yakni penggunaan anjing pelacak, peralatan manual (seperti cangkul dan sekop), drone, hingga alat berat ekskavator," tuturnya.

Tim SAR gabungan melakukan pencarian tetap di sisi barat tebing yang longsor karena pihaknya khawatir terjadi longsor susulan pada tebing sebelah timur karena potensi longsor masih ada.

"Kami tetap mengutamakan keselamatan Tim SAR dalam melakukan pencarian korban, sehingga proses pencarian dilakukan di sebelah barat saja, termasuk alat berat juga diarahkan ke barat," ucap Rudi yang juga Basarnas Jember.

Hingga hari ketiga proses pencarian ditemukan tiga korban longsor dalam keadaan tak bernyawa yakni Kusnadi (40) warga Desa Pronojiwo ditemukan lebih dulu pada Selasa (4/6) sore, kemudian pada Rabu (5/6) ditemukan Dwi Suprapto dan Kamis ini ditemukan korban Rohim.

"Masih ada satu korban yang belum ditemukan yakni Junaidi (26) warga Kabupaten Malang. Proses pencarian malam ini dihentikan sementara dan pencarian akan dilanjutkan pada Jumat (7/6) pagi," ujarnya.

Jenazah atas nama Rohim sebagai korban ketiga dalam insiden tambang pasir longsor di Lumajang ditemukan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News