Basarnas Jember Bantu Pencarian 3 Korban Tambang Pasir Longsor di Lumajang

Rabu, 05 Juni 2024 – 14:02 WIB
Basarnas Jember Bantu Pencarian 3 Korban Tambang Pasir Longsor di Lumajang - JPNN.com Jatim
Tim SAR gabungan membawa korban Kusnadi yang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di Desa/Kecamatan Pronijiwo, Kabupaten Lumajang, Selasa (4/6) sore. ANTARA/HO-Warga Pronojiwo

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Tim Basarnas Jember membantu proses pencarian tiga korban yang masih tertimbun tanah longsor dan belum ditemukan di Desa Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

"Hari ini satu tim dari Pos SAR Jember menerjunkan lima personel membantu proses pencarian korban longsor di Dusun Supit, Desa Pronojiwo," kata Tim Basarnas Jember Rudi Prahara, Rabu (5/6).

Menurutnya, Tim Basarnas Jember akan bergabung dengan Tim SAR gabungan yang lebih dulu melakukan pencarian korban penambang pasir yang tertimbun tanah longsor tersebut.

"Mudah-mudahan tiga korban yang tertimbun longsor bisa ditemukan hari ini. Kami akan berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan pencarian," tuturnya.

Kabid Darlog BPBD Lumajang Yudi Cahyono menyebutkan proses pencarian korban longsor sempat dihentikan pada Selasa (4/6) malam lantaran cuaca sudah gelap dan pencaran dilanjutkan pagi hari ini.

"Hari ini proses pencarian korban tertimbun longsor dilanjutkan. Mudah-mudahan Tim SAR gabungan segera menemukan tiga korban lainnya karena satu korban bernama Kusnadi sudah ditemukan," ujar dia.

Tebing sungai di aliran lahar Gunung Semeru di Dusun Supit, Desa/Kecamatan Pronojiwo pada Selasa (4/6) longsor pada bagian sisi timur. Material yang mengarah ke barat menimpa para penambang pasir lokal di dusun setempat.

Berdasarkan keterangan saksi dan laporan dari BPBD Lumajang, longsor terjadi sekitar pukul 11.30 WIB di petak empat kawasan hutan milik Perhutani.

Tiga korban tertimbun tambang pasir longsor di Lumajang masih dalam proses pencarian Tim Basarnas.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News