Pj Bupati Lumajang Minta Evakuasi Korban Longsor di Tambang Utamakan Keselamatan

Rabu, 05 Juni 2024 – 12:08 WIB
Pj Bupati Lumajang Minta Evakuasi Korban Longsor di Tambang Utamakan Keselamatan - JPNN.com Jatim
Tim SAR gabungan menemukan satu korban bernama Kusnadi warga Desa/Kecamatan Pronojiwo yang tertimbun longsor dalam keadaan meninggal dunia pada Selasa (4/6) sore. ANTARA/HO-Diskominfo Lumajang

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni meminta tim SAR gabungan tetap mengutamakan keselamatan jiwa dalam melakukan evakuasi para penambang pasir yang tertimbun longsor di Desa Pronojiwo.

"Kami menegaskan keselamatan jiwa menjadi prioritas utama dalam proses evakuasi dan pencarian korban longsor," kata Indah tertulis, Rabu (5/6).

Dalam insiden itu, empat penambang pasir Selasa (4/6) tertimbun akibat tebing sungai di aliran lahar Gunung Semeru di Dusun Supit, Desa/Kecamatan Pronojiwo longsor di bagian sisi timur. Material longsoran mengarah ke barat dan menimbun pekerja tambang pasir lokal.

"Pada Selasa sore satu orang bernama Kusnadi sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dan sudah dimakamkan," ujarnya.

Menurutnya, proses evakuasi dan pencarian korban dilanjutkan hari ini mulai pukul 07.00 WIB. Namun, pencarian dilakukan dengan memerhatikan kondisi cuaca dan memastikan keamanan tim penyelamat.

"Evakuasi korban sempat dihentikan pada Selasa malam, termasuk memperhatikan cuaca, kalau hujan harus dihentikan karena yang terpenting adalah keselamatan jiwa," tuturnya.

Dia menjelaskan ada empat korban yang tertimbun akibat longsor tersebut, dengan tiga di antaranya masih belum ditemukan, yakni Junaidi, Dwi, dan Rohim.

Proses evakuasi dan pencarian korban dilakukan oleh Tim SAR dari BPBD Lumajang dengan menggunakan alat berat.

Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni meminta proses evakuasi korban longsor tetap mengutamakan keselamatan para petugas.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News