1 Korban Tambang Pasir Longsor di Lumajang Ditemukan Meninggal, Inilah Identitasnya

Rabu, 05 Juni 2024 – 13:04 WIB
1 Korban Tambang Pasir Longsor di Lumajang Ditemukan Meninggal, Inilah Identitasnya - JPNN.com Jatim
Petugas mengevakuasi korban yang tertimbun material longsor di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (4/6). Antara Jatim/Irfan Sumanjaya/mas.

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Tim SAR gabungan menemukan satu penambang pasir yang tertimbun longsor di Daerah Aliran Sungai (DAS) Gunung Semeru di Desa Pronojiwo, Kabupaten Lumajang pada Selasa (4/6) sore.

Kabid Darlog BPBD Lumajang Yudi Cahyono mengatakan korban yang ditemukan bernama Kusnadi (40) warga Desa/Kecamatan Pronojiwo.

"Korban bernama Kusnadi merupakan sopir truk, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia," ujar Yudi lewat sambungan telepon.

Menurutnya, tebing sungai di aliran lahar Gunung Semeru yang berada di Dusun Supit, Desa Pronojiwo longsor bagian sisi timur sehingga material longsoran mengarah ke barat menyebabkan penambang pasir tertimbun.

"Kami juga mengklarifikasi yang longsor bukan kawasan penambangan pasir, tetapi tebing sungai dan kebetulan korban yang tertimbun adalah penambang lokal yang saat itu bekerja," kata dia.

Dia menjelaskan Tim SAR gabungan melakukan pencarian korban yang tertimbun longsor menggunakan beberapa alat berat milik penambang pasir yang berada di bawah untuk mempercepat proses evakuasi korban.

"Hingga sore hari baru ditemukan satu korban dalam kondisi meninggal dunia. Namun, proses pencarian korban yang tertimbun longsor dihentikan sementara karena sudah gelap dan tidak maksimal pada malam hari," jelasnya.

Yudi mengaku belum bisa memastikan jumlah korban yang tertimbun longsor karena pihaknya masih melakukan asesmen. Namun, berdasarkan informasi dari warga sekitar terdapat empat hingga lima orang.

Penambang pasir di Lumajang ditemukan dalam kondisi meninggal dengan identitas Kusnadi selaku sopir.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News