Harga Hewan Kurban Sapi dan Kambing Alami Kenaikan Jelang Iduladha

Selasa, 04 Juni 2024 – 10:05 WIB
Harga Hewan Kurban Sapi dan Kambing Alami Kenaikan Jelang Iduladha - JPNN.com Jatim
Pedagang berjaga di dekat ternak sapi yang ditambatkan di Pasar Hewan Pacitan, Jawa Timur, Senin (3/6). ANTARA/HO-Mieka

jatim.jpnn.com, PACITAN - Harga hewan kurban, khususnya sapi dan kambing di Kabupaten Pacitan mengalami kenaikan menjelang Iduladha yang jatuh pada 17 Juni 2024.

Sejumlah pedagang menyebut tren kenaikan diprediksi masih terjadi dan puncaknya pada H-1 Iduladha atau sekitar dua pekan ke depan.

"Tren kenaikan sudah mulai terjadi pada pertengahan Mei kemarin," kata salah satu pedagang sapi di Pasar Hewan Pacitan, Senin (3/6).

Dia mencontohkan, sapi dewasa dengan bobot lima sampai enam kuintal biasanya dijual di kisaran Rp21 juta. Namun, dua pekan menjelang Iduladha pedagang dan peternak bisa menjualnya sampai Rp22,5 juta.

"Naik Rp1,5 jutaan. Kalau dikalkulasi  sekitar 7,5 persen (kenaikan)," kata pedagang asal Kecamatan Kebonagung itu.

Menurutnya, kenaikan itu terjadi karena permintaan pasar yang tinggi, sedangkan persediaan tidak bertambah. Tak hanya sapi, kambing juga naik harganya

Jumeno, salah satu pedagang kambing di pasar yang sama menyebut kini harga kambing lokal (kambing Jawa) dewasa (poel) dibanderol di atas Rp3 juta.

Sebelumnya, harga kambing dengan jenis, bobot, dan kondisi fisik sama masih di bawah Rp3 juta.

Harga sapi dan kambing di pasar hewan Pacitan mengalami kenaikan sejak pertengahan Mei dan diperkirakan hingga dua pekan ke depan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News