Demo GMNI Jember Ricuh, Aksi Saling Dorong Sebabkan Pintu Gerbang DPRD Rusak

Sabtu, 01 Juni 2024 – 11:06 WIB
Demo GMNI Jember Ricuh, Aksi Saling Dorong Sebabkan Pintu Gerbang DPRD Rusak - JPNN.com Jatim
GMNI Jember berunjuk rasa di halaman DPRD setempat yang berakhir ricuh hingga pagar dewan rusak pada Jumat (31/5). ANTARA/Zumrotun Solichah

jatim.jpnn.com, JEMBER - Unjuk rasa puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember diwarnai kericuhan yang berdampak pada kerusakan gerbang DPRD setempat pada Jumat (31/5).

Aksi saling dorong terjadi karena perwakilan mahasiswa yang ditemui anggota DPRD Jember tak kunjung keluar sehingga berujung pada gerbang kantor dewan tersebut rusak.

Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi menyayangkan dan prihatin atas kejadian tersebut karena sebenarnya pihak legislatif selalu terbuka menerima penyampaian aspirasi dari mahasiswa atau kelompok masyarakat lainnya.

"Kami prihatin dengan aksi yang kontraproduktif dan cenderung anarkis, merusak fasilitas publik karena pagar DPRD merupakan aset negara sehingga kalau sampai merusak fasilitas milik negara maka yang dirugikan juga rakyat," tuturnya.

Menurutnya, penyampaian pendapat baik dengan lisan maupun tulisan, berserikat, dan berkumpul dilindungi undang-undang. Namun, dalam penyampaian aspirasi seharusnya tidak anarkis merusak aset negara.

"Mahasiswa sebagai garda terdepan kaum intelektual seharusnya bisa menyampaikan aspirasinya dengan cara yang santun karena saat ini di era keterbukaan publik. Kami berharap penyampaian aspirasi yang sejuk dan tuntutan tersampaikan kepada kami," ucapnya.

Pantauan di lapangan, setelah pagar gedung DPRD rusak maka mahasiswa kembali melanjutkan saling dorong secara langsung berhadapan dengan anggota polisi yang menjadi barikade menuju gedung wakil rakyat tersebut.

Ada satu kompi anggota polisi dengan pakaian lengkap huru hara dengan menggunakan tameng maju ke depan barisan untuk berjaga karena situasi dinilai tidak kondusif sehingga pertemuan perwakilan mahasiswa dan anggota dewan terpaksa selesai agar massa pengunjuk rasa tidak makin anarkis. (antara/mcr12/jpnn)

Gerbang DPRD Jember rusak akibat kericuhan yang terjadi saat GMNI Jember melakukan unjuk rasa terjadi aksi saling dorong.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News