Ansor Tolak Pengajian Riza Basalamah di Surabaya Berujung Ricuh, 6 Orang Terluka

Jumat, 23 Februari 2024 – 10:45 WIB
Ansor Tolak Pengajian Riza Basalamah di Surabaya Berujung Ricuh, 6 Orang Terluka - JPNN.com Jatim
Pengajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah pada acara Tablik Akbar di Masjid Assalam Purimas, Surabaya dibubarkan oleh GP Ansor dan Banser, Kamis (22/2). Foto: Source JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengajian Dr Syafiq Riza Basalamah pada acara Tabligh Akbar di Masjid Assalam Purimas Surabaya batal digelar setelah mendapatkan protes dari Ansor dan Banser, Kamis (22/2).

Pembatalan agenda pengajian itu sempat diwarnai bersitegang antara GP Ansor Gunung Anyar dengan jemaah Masjid Assalam Purimas.

Ketua PAC GP Ansor Gunung Anyar Surabaya Asyiqun Nahdli menjelaskan sebelumnya pihaknya telah melakukan mediasi dengan jemaah Masjid Assalam Purimas di Polsek Gunung Anyar.

GP Ansor meminta untuk tidak melanjutkan kegiatan tersebut. Hasilnya, sepakat untuk dibatalkan. Namun, kesepakatan itu dilanggar.

Jemaah Masjid Assalam Purimas masih tetap menggelar acara kajian yang dihadiri oleh Dr Syafiq Riza tersebut.

"Awalnya penolakan terus kami mediasi di polsek, kami menemukan kesepakatan, tetapi kesepakatan itu dilanggar. Awalnya sepakat acara ini dibatalkan ternyata di media sosial mereka masih framing bahwa acara ini tetap berlanjut," ujar Asyiqun, Kamis (22/2).

Mengetahui hal itu, banser dari GP Ansor Gunung Anyar mendatangi tempat acara tersebut. Tujuannya, untuk membatalkan kajian itu. Namun, mendapat penolakan sehingga terjadilah kericuhan.

Insiden kericuhan itu terjadi dua kali. Pertama, terjadi sekitar jam lima kemudian jam setengah tujuh malam.

GP Ansor melakukan penolakan pengajian Ustaz Riza Basalamah karena di awal sepakat tidak jadi digelar.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News