70 Jemaah Calon Haji Embarkasi Surabaya Batal ke Tanah Suci, Gegara Ini

Kamis, 09 Mei 2024 – 19:43 WIB
70 Jemaah Calon Haji Embarkasi Surabaya Batal ke Tanah Suci, Gegara Ini - JPNN.com Jatim
Sekretaris PPIH Asrama Haji Embarkasi Surabaya Abdul Haris. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 70 jemaah calon haji Embarkasi Surabaya batal berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 2024.

Mereka gagal lantaran meninggal dunia, sakit, hamil, hingga mengundurkan diri karena ada halangan.

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Abdul Haris menjelaskan data itu didapatkan saat panitia melakukan proses penyelesaian dokumen visa haji dan ditemukan ada 70 orang batal berangkat.

“Visa haji di Embarkasi Surabaya sebenarnya sudah rampung semua, tetapi ketika visanya sudah selesai ditemukan ada jemaah yang batal berangkat,” ujar Haris, Kamis (9/5).

Dia menjelaskan jumlah jemaah yang batal berangkat diperkirakan bisa bertambah. Sebab, pengalaman seperti tahun lalu, sejumlah jemaah juga batal berangkat ke Tanah Suci saat tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

“Laporan dari petugas waktu itu, ada jemaah yang sakit dan dirawat di RSU Haji Surabaya saat tiba di Asrama Haji. Ada yang diketahui hamil saat diperiksa petugas kesehatan di Poliklinik Embarkasi Surabaya. Ada juga yang demensia atau lupa ingatan, kebanyakan jemaah lansia,” jelasnya.

Haris mengungkapkan hingga saat ini PPIH Embarkasi Surabaya sedang memproses data untuk melakukan pembatalan pemberangkatan.

“PPIH Embarkasi Surabaya juga sedang mengajukan pergantian untuk mengisi kekosongan bangku jemaah haji yang batal berangkat tersebut,” pungkas Haris. (mcr23/jpnn)

PPIH Embarkasi Surabaya mencatat 70 calon jemaah haji batal berangkat ke tanah suci, rata-rata dikarenakan meninggal, sakit, hamil hingga mengundurkan diri

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News