Potret Massa Buruh Mulai Padati Jalan Ahmad Yani Untuk Peringatan May Day

Rabu, 01 Mei 2024 – 12:55 WIB
Potret Massa Buruh Mulai Padati Jalan Ahmad Yani Untuk Peringatan May Day - JPNN.com Jatim
Jalan Ahmad Yani Surabaya yang mulai dipadati oleh massa demo buruh dari berbagai daerai di Jatim, Rabu (1/5). Foto: Dok. Dofir untuk JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ribuan buruh dari berbagai daerah di Jawa Timur mulai masuk ke Surabaya. Mereka tampak memadati Frontage Jalan Ahmad Yani untuk berkumpul sebelum menggelar demo buruh atau peringatan May Day setiap 1 Mei.

Para buruh tampak berkumpul memarkir motor mereka di sepanjang jalan. Kondisi tersebut sempat membuat arus lalu lintas menjadi padat merayap.

Salah satu buruh asal Rungkut, Surabaya, yakni Yudhi (46) mengaku berangkat bersama 500 buruh lainnya sejak pukul 09.00 WIB dan berkumpul di Bundaran Waru.

"Sudah di sini sejak tadi, menunggu teman-teman yang lain. Nanti berangkat bareng-bareng menuju DPRD Jatim," kata Yudhi.

Di sepanjang Jalan Ahmad Yani, sejumlah personel kepolisian juga sedang bersiaga melakukan pengamanan terhadap Peringatan Hari Buruh Sedunia tersebut.

Dalam aksi buruh tersebut, para demonstran akan melewati Jalan Ahmad Yani–Jalan Darmo–Jalan Basuki Rahmat–Jalan Embong Malang–Jl. Baluran-Jalan Bubutan-Jalan Kebon Rojo-dan terakhir Jalan Pahlawan.

Mereka akan membawa beberapa tuntutan terkait ketenagakerjaan dan jaminan sosial. Tuntutan tersebut akan disampaikan di tiga titik, yakni di Gedung Negara Grahadi, Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan, dan Kantor DPRD Jatim.

Personel gabungan dari TNI Polri dan jajaran samping telah disiagakan mengamankan aksi tersebut. Dari Polda Jatim menyiapkan 1.758 personel

Ribuan massa demo buruh di Surabaya mulai memadati Jalan Ahmad Yani untuk berkumpul menuju tiga titik lokasi aksi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News