Bersama Pemkab Banyuwangi, Basarnas Lakukan Patroli Udara Arus Balik

Senin, 15 April 2024 – 14:36 WIB
Bersama Pemkab Banyuwangi, Basarnas Lakukan Patroli Udara Arus Balik - JPNN.com Jatim
Kepala Kantor SAR Surabaya Muhamad Hariyadi patroli udara di lintasan penyeberangan Ketapang (Banyuwangi)-Gilimanuk (Bali) pada arus balik Lebaran. Senin (15/4/2024) ANTARA/Novi Husdinariyanto

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Basarnas Surabaya berkolaborasi dengan Pemkab Banyuwangi serta pemangku kepentingan setempat (ASDP) menggelar patroli udara di lintasan penyeberangan Ketapang (Banyuwangi)-Gilimanuk (Bali) pada puncak arus balik Lebaran 2024, Senin (15/4).

Helikopter jenis Dauphin AS365 N3+HR-3603 milik Basarnas Surabaya itu lepas landas dari Bandara Internasional Banyuwangi sekitar pukul 08:20 WIB.

Kepala Kantor SAR Surabaya Muhamad Hariyadi memaparkan dari hasil pantauan udara menggunakan helikopter pada H+4 Hari Raya Idulfitri ini, lalu lintas penyeberangan Ketapang-Gilimanuk ramai lancar.

Selain pantauan udara, helikopter tersebut juga disiagakan untuk evakuasi jika ada pemudik yang membutuhkan jasa bantuan SAR sewaktu-waktu bila evakuasi melalui jalur darat tidak memungkinkan.

"Helikopter disiagakan di Banyuwangi sejak H-3 hingga H+7 Lebaran atau sampai dengan tanggal 18 April mendatang," kata Hariyadi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Banyuwangi Mujiono berterima kasih kepada Badan SAR Nasional Surabaya yang mendukung patroli udara dengan menyiagakan helikopter di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

"Secara umum, dari pantauan udara tadi mulai jalan utama Banyuwangi dari selatan kemudian ke arah sepanjang kota kemudian ke arah ke Ketapang lancar dan aman," ujarnya.

Menurut Mujiono, dari pantauan udara jalan di depan Pelabuhan Ketapang dan di Pelabuhan Gilimanuk, juga lengang tidak terjadi antrean penumpang kapal feri di dua sisi pelabuhan Selat Bali itu.

Helikopter Basarnas Surabaya disiagakan di Banyuwangi dari H-3 Lebaran hingga 18 April 2024.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News