Libur Lebaran 2024, Banyuwangi Sajikan Atraksi Drama Kolosal Bagi Wisatawan

Senin, 15 April 2024 – 09:34 WIB
Libur Lebaran 2024, Banyuwangi Sajikan Atraksi Drama Kolosal Bagi Wisatawan - JPNN.com Jatim
Prosesi atraksi seni budaya sendratari Meras Gandrung di Taman Gandung Terakota Banyuwangi, Jawa Timur. ANTARA/HO-Humas Pmekab Banyuwangi

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyajikan berbagai atraksi wisata selama libur Lebaran 2024. Salah satunya pagelaran seni drama kolosal sendratari Meras Gandrung.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani turut menyaksikan sendratari Meras Gandrung di Taman Gandrung Terakota Mengatakan budaya di daerahnya sangat kental menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

"Siapapun yang ingin tahu tentang gandrung, datang saja ke Taman Gandrung Terakota. Tidak hanya sendratari, tetapi bisa melihat banyak patung gandrung serta cerita tentang gandrung itu sendiri," kata Ipuk, Minggu (14/4).

Selain menjadi atraksi wisata, sendratari Meras Gandrung merupakan upaya mempertahankan dan melestarikan budaya di kabupaten ujung timur Pulau Jawa tersebut.

"Wisata berbasis budaya ini yang membuat keunikan Banyuwangi. Kekayaan budaya ini harus kami jaga. Ini adalah tanggung jawab bersama untuk terus mempertahankan jati diri di tengah gempuran globalisasi," ujarnya.

Menurutnya, atraksi seni budaya di Taman Gandrung Terakota Banyuwangi membuat kagum ratusan wisatawan yang menikmati libur Lebaran.

Selain menikmati atraksi seni budaya, wisatawan juga takjub dengan panorama ratusan patung penari gandrung di hamparan sawah produktif seluas tiga hektare di lereng Gunung Ijen itu.

"Ini pengalaman menarik, mata saya sampai tidak mau berkedip. Konsep wisata ini yang kami cari, memadukan pemandangan alam dan atraksi budaya yang memukau," kata salah seorang wisatawan asal Jakarta, Utami.

Pemkab Banyuwangi menyajikan seni drama kolosal sendratari Meras Gandrung kepada para wisatawan selama Libur Lebaran 2024.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News