Bandara Dhoho Kediri Resmi Beroperasi, Water Salute Sambut Ratusan Penumpang Penerbangan Perdana

Jumat, 05 April 2024 – 17:44 WIB
Bandara Dhoho Kediri Resmi Beroperasi, Water Salute Sambut Ratusan Penumpang Penerbangan Perdana - JPNN.com Jatim
Sejumlah penumpang keluar setelah turun dari pesawat di Bandara Dhoho Kediri, Jawa Timur. Saat ini, bandara ini sudah beroperasi, dengan penerbangan perdana. Selanjutnya, setelah Lebaran 2024, satu pekan dua kali penerbangan yakni Selasa dan Sabtu. ANTARA/ Asmaul

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Maskapai Citilink sukses melakukan penerbangan komersil perdana di Bandara Dhoho Kediri, Jumat (5/4).

Pesawat milik Citilink berkode penerbangan QG 752 yang berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, mengangkut sebanyak 178 penumpang.

Tradisi water salute pun menyambut pendaratan pertama di Bandara Dhoho Kediri itu. Water salute merupakan tradisi penyambutan pesawat yang mendarat untuk pertama kalinya di sebuah bandara baru atau penghormatan untuk mereka yang hendak melakukan penerbangan terakhir.

Selain water salute, kedatangan penumpang pertama itu disambut diberi kalungan bunga oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan Direktur PT Surya Dhoho Investama (SDHI) Maksin Arisandi bersama sejumlah pihak-pihak terkait.

Bupati Hanindhito Himawan Pramana menyatakan pesawat itu mendarat dengan baik dan segera kembali ke Jakarta. Untuk saat ini, memang masih penerbangan perdana, tetapi setelah Lebaran 2024 akan dibuka dua kali penerbangan setiap Selasa dan Sabtu.

"Tentu harapannya bisa reguler setiap hari dan maskapai lainnya jangan menyesal kalau tidak buka rute di Kediri," katanya saat ditemui di Bandara Dhoho Kediri.

Pihaknya juga berharap dengan resminya beroperasi bandara tersebut, bisa berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kediri serta kota-kota sekitarnya.

Mas Dito (sapaannya) juga mengungkapkan untuk moda transportasi darat di bandara itu saat ini sudah ada bus dari PO Harapan Jaya dan Damri. Selain itu, masih ada beberapa pihak yang ingin masuk ikut beroperasi bandara ini.

Citilink menjadi maskapai yang melakukan penerbangan perdana yang mendarat di Bandara Dhoho Kediri pada hari ini.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News