BPBD Jatim Catat 241 Fasum di Bawean Rusak Akibat Gempa Bumi

Selasa, 02 April 2024 – 10:35 WIB
BPBD Jatim Catat 241 Fasum di Bawean Rusak Akibat Gempa Bumi - JPNN.com Jatim
Tim BPBD Jatim saat melakukan asesmen kerusakan bangunan di Pulau Bawean yang terkena musibah gempa bumi. ANTARA/HO-BPBD Jatim

jatim.jpnn.com, GRESIK - Tim Psikososial BPBD Jatim bersama Tim Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) mendata sebanyak 241 fasilitas umum (fasum) rusak akibat dampak gempa bumi Bawean.

Adapun fasum itu meliputi masjid, musala, sekolah, kantor, rumah dinas, pondok pesantren, puskesmas, pasar, dan tempat pemandian umum.

Koordinator Tim RR Analis Kebijakan Ahli Muda BPBD Jatim Wahyu Trisnadi mengatakan jumlah tersebut tersebar di Kecamatan Sangkapura sebanyak 147 unit dan di Kecamatan Tambak sebanyak 94 unit.

"Tim berasal dari gabungan Tim BPBD, sukarelawan FPRB Jatim, dan sukarelawan SRPB Jatim ini melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing," kata Wahyu, Senin (1/4).

Pihaknya melakukan asesmen terhadap fasum yang rusak akibat terdampak gempa, baik di Kecamatan Sangkapura maupun Tambak.

"Akibat kerusakan ini kegiatan belajar mengajar terganggu, kegiatan ibadah pun dilaksanakan di tempat terbuka," ujarnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto memastikan segera berkoordinasi dan menyinkronkan data kerusakan fasum dengan Tim Kabupaten Gresik agar tidak ada duplikasi data kerusakan saat proses pemulihan.

"Kami akan melakukan penghitungan kebutuhan dan menentukan prioritas penanganan terlebih dahulu, utamanya yang menggunakan anggaran APBD provinsi," tuturnya.

Terkait kegiatan psikososial, Gatot menyampaikan terima kasih atas upaya para relawan menghibur dan mengurangi trauma anak-anak maupun orang tua akibat bencana.

"Hingga kini, masih banyak warga yang memilih tidur di luar rumah, akibat trauma dengan gempa yang masih terus terjadi," ucapnya. (antara/mcr12/jpnn)

Sebanyak 241 fasilitas umum (fasum) rusak akibat terdampak gempa di Bawean yang terdata di dua kecamatan.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News