Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Program Prediksi Cuaca dengan Algoritma ANN

Senin, 26 Februari 2024 – 13:55 WIB
Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Program Prediksi Cuaca dengan Algoritma ANN - JPNN.com Jatim
Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Untag Surabaya Ahmad Atsnal Fikri memaparkan program buatannya yang bisa memprediksi cuaca. Foto: Humas Untag Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Untag Surabaya Ahmad Atsnal Fikri menciptakan inovasi membuat program prediksi cuaca menggunakan algoritma Artificial Neural Network (ANN).

Pembuatan program itu atas dasar keinginan Fikri mencegah terjadinya bencana alam lewat tugas akhirnya berjudul Model Prediksi Cuaca dengan Analisis Time Series Menggunakan Algoritma ANN.

Dalam penyusunan tugas akhirnya, dia banyak mendapatkan dukungan dan arahan, terutama dari dosen pembimbing Supangat Supangat, M.Kom., P.hD., ITIL., COBIT., CLA.

“Tujuan utama saya mengambil tugas akhir ini agar masyarakat bisa melihat prediksi cuaca yang akan datang. Adanya program ini masyarakat bisa siap menghadapi perubahan cuaca,” ujar Fikri beberapa waktu lalu.

Penggunaan algoritma ANN, kata dia, bermanfaat bagi masyarakat untuk melihat hasil prediksi cuaca yang tak menentu.

Program tersebut memiliki visualisasi seperti grafik dan tabel sehingga harapannya masyarakat mampu membaca data dengan mudah. 

“Jadi, di dalam program sudah terdapat visual grafis dan tabel prediksi cuaca agar masyarakat yang melihat data lebih mudah untuk membacanya,” kata mahasiswa dengan IPK 3,66 itu.

Dia menjelaskan program yang kini dibuat sudah punya data prakiraan cuaca dari tiga wilayah, yakni Sidoarjo, Gresik, dan Banyuwangi. 

Mahasiswa Untag Surabaya menciptakan program prediksi cuaca menggunakan algoritma ANN.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News