Dirut BUMN Ajak Masyarakat Awasi Pemilu Jujur Adil dengan Foto Formulir TPS

Minggu, 11 Februari 2024 – 13:48 WIB
Dirut BUMN Ajak Masyarakat Awasi Pemilu Jujur Adil dengan Foto Formulir TPS - JPNN.com Jatim
Dirut PT SIER Didik Prasetiyono. Foto: Dok PT SIER

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Direktur Utama PT SIER Didik Prasetiyono mengajak masyarakat ikut mengawasi jalannya Pemilu 2024 dengan jujur dan adil. Kampanye tersebut disampaikan melalui akun pribadi pemimpin perusahaan milik BUMN tersebut.

Dalam video berdurasi satu menit 30 detik, Didik menyampaikan masyarakat bisa membantu menjaga hasil pemilu dengan berbekal handphone dengan menginstall aplikasi KawalPemilu di Playstore.

Dilansir dari laman Kawalpemilu.org, KawalPemilu merupakan inisiatif urun daya warganet Indonesia PRO DATA yang berdiri sejak 2014 untuk menjaga suara rakyat di pemilu melalui teknologi real count cepat dan akurat.

"Situs Kawalpemilu.org sebuah gerakan yang tidak memihak yang bisa diikuti semua orang untuk ikut menghitung hasil surat suara yang sama. Dengan begitu hasil hitung bisa dijadikan pembanding," ujar Didik.

Didik menjelaskan di KawalPemilu sebagai wadah mencocokkan data dari TPS hingga tabulasi tingkat nasional. Makin banyak orang mengunggah foto dari TPS makin besar transparansi di TPS itu.

"jangan takut karena hak untuj memotret ada di Peraturan PKPU Nomor 25/2023 Pasal 59, yang berbunyi masyarakat yang hadir pada rapat penghitungan suara diberi kesempatan mendokumentasikan formulir. Dokumentasi bisa berupa foto atau video," jelasnya.

Menurutnya, setiap pengawas, saksi, bahkan masyarakat berhak mengambil foto lembar C.Hasil-PPWP setelah selesai penghitungan di TPS.

"Di Kawalpemilu.org, data C.Hasil-PPWP merupakan hak publik untuk diketahui agar publik bisa memonitor pergerakan perolehan suara di tiap pemilu," tuturnya.

Dirut PT SIER Didik Prasetiyono mendorong masyarakat mengawasi pemilu jujur dan adil dengan lewat Kawalpemilu.org.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News