Gunung Semeru Luncurkan Abu Vulkanik Setinggi 500 Meter, Warga Harap Waspada

Selasa, 06 Februari 2024 – 09:34 WIB
Gunung Semeru Luncurkan Abu Vulkanik Setinggi 500 Meter, Warga Harap Waspada - JPNN.com Jatim
Gunung Semeru mengalami 19 kali gempa letusan terpantau dari di Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang.. (ANTARA/HO-PVMBG)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Puncak Gunung Semeru di Kabupaten Malang dan Lumajang melontarkan abu vulkanik. Hal itu dilaporkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"Erupsi Gunung Semeru terjadi pukul 05.52 WIB. Tinggi kolom letusan teramati lebih kurang 500 meter di atas puncak," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru Liswanto, Selasa (6/2).

"Saat laporan itu dibuat erupsi masih berlangsung," imbuh dia.

Liswanto menyebut kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah utara.

Dia mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari pusat erupsi.

Di luar jarak tersebut, masyarakat juga tidak diperbolehkan melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak.

Liswanto juga mengimbau masyarakat agar tidak beraktivitas dalam radius lima kilometer dari puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu.

Berdasarkan catatan PVMBG, pada tahun 2023 lalu, Gunung Semeru merupakan gunung berapi paling aktif di Indonesia dengan jumlah erupsi terjadi sebanyak 29.131 kali. (antara/mcr12/jpnn)

Abu vulkanik setinggi 500 meter keluar dari Gunung Semeru terpantau pada pukul 05.52 WIB.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News