Prodi Teknik Elektro Untag Surabaya Maksimalkan Laboratorium Tuk Inovasi Energi Baru

Jumat, 19 Januari 2024 – 13:28 WIB
Prodi Teknik Elektro Untag Surabaya Maksimalkan Laboratorium Tuk Inovasi Energi Baru - JPNN.com Jatim
Untag Surabaya mendorong pemaksimalan laboratorium teknik elektro untuk inovasi dan kemandirian ssiwa dalam energi di era energi baru. Foto: Dok. DSI YPTA.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Untag Surabaya berupaya memaksimalkan kegiatan praktik mahasiswa di laboratorium.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah konkret mendukung perkembangan teknologi listrik dalam pengembangan energi baru terbarukan.

Kepala Laboratorium Sistem Tenaga Listrik Reza Sarwo Widagdo, S.Tr.T., MT., mengatakan praktikum mesin listrik dan sistem pembangkit tenaga listrik berlangsung di lab sistem tenaga listrik, sedangkan praktikum komponen-komponen pendukung elektronika daya dan digital diadakan di lab elektronika.

"Program kerja dari lab sistem tenaga listrik meningkatkan teknologi listrik, terutama di energi baru terbarukan (EBT), baik itu di kendaraan listrik, seperti tren era sekarang," ujar Reza tertulis, Jumat (19/1).

Harapannya, program kerja yang dilaksanakan itu bisa menciptakan prototype atau memproduksi sendiri motor atau mobil listrik berskala kecil.

Reza menuturkan mahasiswa juga diimbau bisa mandiri dalam hal energi. Artinya, mereka tidak bergantung sepenuhnya pada pasokan listrik dari perusahaan listrik negara (PLN).

"Mandiri energi berarti menyediakan listrik sendiri, baik itu sistem pembangkit mikro hidro, energi yang berhubungan dengan foto sel tenaga surya, dan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB)," katanya.

PLTB merupakan pembangkit listrik tenaga angin yang mentransformasi energi angin menjadi tenaga listrik dengan menggerakkan kincir angin yang terhubung dengan turbin angin.

Untag Surabaya mendorong pemaksimalan laboratorium teknik elektro untuk inovasi dan kemandirian ssiwa dalam energi di era energi baru.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News