RSUD Ar Rozy Sudah Beroperasi, Layani Pasien di Probolinggo dan Wilayah TNBTS

Senin, 25 Desember 2023 – 11:46 WIB
RSUD Ar Rozy Sudah Beroperasi, Layani Pasien di Probolinggo dan Wilayah TNBTS - JPNN.com Jatim
RSUD Ar Rozy di Kota Probolinggo diresmikan pada Sabtu (23/12/2023) malam dan mulai beroperasi. (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Probolinggo)

jatim.jpnn.com, PROBOLINGGO - RSUD AR Rozy di Kota Probolinggo mulai beroperasi melayani masyarakat yang menderita sakit, baik dari pasien umum atau peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Kami sudah MoU dengan BPJS. Alhamdulillah RSUD Ar Rozy siap beroperasi dan menerima pasien," kata Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin tertulis, Minggu (24/12).

Setelah diresmikan pada Sabtu (24/12) malam, rumah sakit di Jalan Prof Hamka KM 3,5 itu maka layanan instalasi gawat darurat (IGD) dan layanan rawat inap sudah aktif, sedangkan rawat jalan akan beroperasi setelah cuti bersama usai.

Cuti bersama tersebut merujuk Natal tahun 2023 yang berlangsung pada 26 Desember. Artinya, RSUD Ar Rozy pada 27 Desember 2023 sudah menerima layanan poli dokter spesialis.

"Kalau ada masyarakat dari daerah lain yang ingin dirujuk di RSUD Ar Rozy bisa. Namun, terkait kebijakan BPJS tergantung masing-masing kepala daerah. Kalau kami siap menerima saja," tuturnya.

Habib Hadi itu mengatakan warga Kota Probolinggo akan menerima layanan gratis di RSUD setempat karena sudah 100 persen ditangani Universal Health Coverage (UHC).

Proyek pembangunan RSUD Ar Rozy itu masuk dalam Perpres No. 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Jawa Timur salah satunya di wilayah pembangunan (WP) Probolinggo-Lumajang yang berpusat di Kota Probolinggo.

"Di Perpres itu disebutkan jika proyek pembangunan RSUD ini masuk dalam proyek strategis nasional, sehingga nantinya rumah sakit ini tak hanya melayani pasien dari Kota Probolinggo, tetapi kawasan yang masuk dalam pariwisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru," jelasnya.

RSUD Ar Rozy Kota Probolinggo mulai beroperasi melayani pasien per 24 Desember 2023.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News