RSUD dr Hardjono Ponorogo Siapkan Ruang Perawatan Khusus Caleg Depresi

Selasa, 12 Desember 2023 – 12:47 WIB
RSUD dr Hardjono Ponorogo Siapkan Ruang Perawatan Khusus Caleg Depresi - JPNN.com Jatim
Petugas mengunci ruang perawatan bagi pasien depresi di RSUD dr. Hardjono, Ponorogo, Senin (11/12) ANTARA/HO-Ist

jatim.jpnn.com, PONOROGO - RSUD dr Hardjono Ponorogo menyiapkan ruang perawatan khusus kepada caleg yang mengalami gangguan kejiwaan atau depresi akibat kalah dalam bursa Pemilu 2024.

"Intinya sudah kami siapkan. Mengantisipasi jika ada yang mengalami depresi pascapemilu nanti," kata Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa, dr. Andri Nurdiyana Sari, Senin (11/12).

Sayangnya, dia tak menyebutkan secara spesifik persiapan menampung pasien depresi dari kalangan caleg gagal melenggang ke kursi dewan.

Namun, menilik tren kasus pada gelaran pemilu sebelumnya, baik di Ponorogo maupun daerah lain, pihaknya telah melakukan persiapan dan kesiagaan.

"Total ada 35 bed kami siapkan untuk pasien yang mengalami depresi. Dari jumlah itu, 20 bed di antaranya untuk pasien dengan kondisi kesehatan jiwa berat," ujarnya.

Andri menjelaskan apabila pasien dalam kondisi depresi berat jarang ditemukan pada caleg.

Pasalnya mereka biasanya sudah menyiapkan mental jauh-jauh hari jika kalah dalam pemilu. Apabila ada, biasanya masuk dalam kategori kondisi ringan.

"Kalau gangguan berat sangat jarang malah hampir tidak pernah jika mengaca pemilu sebelumnya. Akan tetapi, ada beberapa yang depresi ringan biasanya susah tidur, nafsu berkurang, muntah setelah dicek mengalami depresi," bebernya.

Caleg yang mengalami gangguan kejiwaan dan depresi siap dirawat di RSUD dr Hardjono.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News