Agatha Ajak Pengusaha Muda di Surabaya Digitalisasi UMKM Untuk Naik Level 

Rabu, 06 Desember 2023 – 16:08 WIB
Agatha Ajak Pengusaha Muda di Surabaya Digitalisasi UMKM Untuk Naik Level  - JPNN.com Jatim
Anggota Komisi B DPRD Jatim Agatha Retnosari saat memberikan workshop digitalisasi UMKM. Foto: Source for JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Puluhan pelaku UMKM muda mengikuti workshop penguatan usaha di Surabaya, Selasa (5/12). Mereka berikan materi bagaimana memanfaatkan media sosial untuk pengembangan bisnis yang ditekuni.

Pelatihan itu digelar dalam rangka program Sinergitas Komisi B DPRD Jatim serta Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim.

Anggota Komisi B DPRD Jatim Agatha Retnosari mengatakan di era digitalisasi 4.0 UKM harus mengembangkan potensi untuk memperluas pasar, meningkatkan kualitas produk, dan kuantitas untuk memenuhi pasar modern atau internasional.

“Kami terus mendorong inovasi, daya saing, dan pertumbuhan berkelanjutan menuju UMKM Go Global dan Go Digital,” kata Caleg DPRD Jatim Dapil Surabaya Nomor 3 PDIP tersebut.

Menurutnya, perkembangan penggunaan teknologi produk menjadi pendorong untuk berkembangnya para wirausahawan baru.

“Dengan logo, packaging, proses produksi yang tersertifikasi, dan pemasaran yang bagus bisa mendongkrak usaha-usaha wirausaha untuk dapat bersaing ke pasar modern dan global,” ujarnya.

Dia mencontohkan aplikasi dengan fitur gratis yang dapat digunakan adalah google my business. Fiturnya gratis dan mudah digunakan membantu pelaku UMKM mengelola eksistensi online di google, termasuk penelusuran dan peta.

"Dengan membuat profil google my business, umkm dapat menampilkan informasi bisnisnya seperti alamat, jam operasional, foto, dan ulasan kepada calon pelanggan," bebernya.

Agatha Retnosari mengajak pelaku usaha muda di Surabaya untuk naik level dengan go digital.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News