MPM Muhammadiyah & GoTo Latih UMKM Untuk Punya Pasar Tak Terbatas

Sabtu, 25 November 2023 – 19:07 WIB
MPM Muhammadiyah & GoTo Latih UMKM Untuk Punya Pasar Tak Terbatas - JPNN.com Jatim
Pelatihan UMKM Muhammadiyah untuk naik kelas dan memiliki pasar tak terbatas. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah bersama Gojek Tokopedia (GoTo) menggelar pelatihan untuk UMKM terkait kemudahan berjualan di dunia digital. Pelatihan itu berlangsung di Universitas Muhammadiyah (UMSurabaya) hari ini, Sabtu (25/11).

Kegiatan yang berlangsung secara hybrid itu diikuti 200 peserta dari pegiat UMKM Muhammadiyah di seluruh Indonesia. Pelatihan dilakukan secara dua tahapan, yaitu dasar dan lanjutan.

Pada tahapan dasar peserta mendapatkan materi mengenai kewirausahaan, digital marketing, dan praktik digital tools. Untuk tahapan lanjutan mendapatkan materi literasi keuangan, copywriting dasar untuk bisnis, optimalisasi media sosial, dan fotografi produk.

Ketua MPM PP Muhammadiyah M Nurul Yamin mengatakan ke depan masyarakat menghadapi digitalisasi sehingga upaya-upaya seperti ini harus digalakkan.

"Kegiatan ini sejalan dengan tema milad Muhammadiyah ‘ikhtiar menyelamatkan semesta’. Hal itu juga sejalan dengan masalah ekonomi yang krusial di negeri ini sehingga pendampingan ini berdampak pada ekonomi ke depan,” ujar Nurul.

Menurutnya, memanfaatkan digitalisasi dalam pemasaran adalah hal penting. Berbagai bukti menunjukkan UMKM mendapatkan kenaikan omzet dan naik kelas dengan digital marketing.

“Semoga pelatihan yang diberikan bisa dipahami sehingga pelaku UMKM di Muhammadiyah bisa menjangkau pasar lebih luas dan tidak terbatas,” katanya.

Program pelatihan ini harus dilakukan secara komprehensif dan sistematis agar peserta mendapatkan pemahaman. 

MPM Muhammadiyah bersama GoTo bekerja sama memberikan pelatiahn kepada UMKM untuk naik kelas dan memiliki pasar tanpa batas.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News