30 Siswa Terpilih Jalani Uji Kompetensi Keahlian, Semoga Lulus 100 Persen

Kamis, 16 November 2023 – 07:32 WIB
30 Siswa Terpilih Jalani Uji Kompetensi Keahlian, Semoga Lulus 100 Persen - JPNN.com Jatim
Siswa SMA SMK di Jatim yang terpilih saat menjalani ujian praktik tata busana di UPT PTKK Surabaya, Rabu (15/11). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Pendidikan Jatim melalui UPT PTKK menggelar uji kompetensi selama dua hari pada 15-16 November 2023.

Kali ini, 30 siswa mengikuti uji kompetensi di dua keahlian, yaitu 15 di Tata Busana serta 15 di Teknik Pendingin dan Tata Udara.

Pada tahun 2022, dua kompetensi itu dinyatakan lulus 100 persen dengan nilai memuaskan. Harapannya pada tahun ini bisa terulang dengan nilai minimal kelulusan 80 poin.

Tim Peningkatan Mutu Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Tata Busana Tumina mengatakan terdapat dua jenis ujian yang diikuti siswa dalam uji kompetensi level 2 sesuai Kerangka Kerja Nasional Indonesia (KKNI), yaitu ujian teori dan praktik.

30 Siswa Terpilih Jalani Uji Kompetensi Keahlian, Semoga Lulus 100 Persen

Siswa SMA SMK di Jatim yang terpilih saat menjalani ujian praktik terkait teknik pendingin dan tata udara di UPT PTKK Surabaya, Rabu (15/11). Foto: Arry Saputra/JPNN.

Untuk praktik, ujian yang diberikan seputar materi menjahit busana dengan model, ukuran, dan pola yang sudah disediakan tim penguji.

"Untuk teori siswa diberikan 50 soal dalam waktu 50 menit. Untuk praktek, mereka harus menjahit sampai selesai satu bagian busana luar dan dalam selama lima jam," ujar Tumina, Rabu (15/11).

30 siswa terpilih dari SMA dan SMK menjalani uji kompetensi keahlian teknik pendingin dan tata udara serta tata busana di UPT PTKK Surabaya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News