75 Pelajar di Jatim Ikuti Kompetensi Keahlian Bertaraf Nasional

Minggu, 12 November 2023 – 18:00 WIB
75 Pelajar di Jatim Ikuti Kompetensi Keahlian Bertaraf Nasional - JPNN.com Jatim
Para pelajar SMK saat menjalani uji kompetensi keahlian bertaraf nasional di UPT PTKK, Sabtu (11/11). Foto: Arry Saputra/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - UPT Pelatihan Teknis dan Keterampilan Kejuruan (PTKK) menggelar uji kompetensi kelas akselerasi Milenial Job Center (MJC) selama dua hari 11-12 November 2023.

Uji kompetensi sertifikasi bertaraf nasional itu diikuti 75 siswa dengan lima kompetensi keahlian, yakni desain grafis, web desain, fotografi, videografi, dan animasi.

Adapun tiga kompetensi keahlian, yakni web desain, videografi, dan fotografi pertama kali diujikan karena baru mendapatkan SK TUK dari Lembaga Sertifikasi (LSK) Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek.

Instruktur kompetensi keahlian fotografi Bretya Pate Anoraga mengatakan terdapat dua elemen yang diujikan setara dengan asisten fotografer meliputi teori fotografi dan praktek. 

“Untuk praktek, materi yang diujikan meliputi memotret benda mati, benda hidup, dan pas foto kemudian lanjut proses editing, hingga cetak,” ujar Bretya.

Menurutnya, dari dua elemen yang diujikan, materi teori fotografi yang dinilai sulit. Sebab, terdapat 81 butir teknik dasar kamera yang harus dirinci kisi-kisinya untuk diuji ke siswa.

“Ini baru pertama kali uji kompetensi fotografinya, kemarin Jumat kami susun kisi-kisinya untuk menjadi pedoman belajar, apalagi untuk fotografer lebih ke teknis daripada teori,” katanya.

Untuk uji kompetensi praktik, Bretya menggambarkan kemungkinan siswa diberikan objek diam, bergerak, bertekstur, dan pas foto.

Sebanyaj 75 siswa SMK di Jatim menjalani uji kompetensi keahlian bertaraf nasional yang bisa diaplikasikan langsung ke dunia kerja.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News