Khofifah Minta Siswa SMA SMK yang Jalani Uji Kompetensi Punya Kemandirian Usaha

Senin, 13 November 2023 – 20:20 WIB
Khofifah Minta Siswa SMA SMK yang Jalani Uji Kompetensi Punya Kemandirian Usaha - JPNN.com Jatim
Gubernur Jatim Khofifah saat meninjau pelaksanaan uji kompetensi keahlian siswa SMA SMK di UPT PTKK Surabaya, Senin (13/11). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau pelaksanaan program penguatan dan pengembangan keterampilan kejuruan siswa SMA dan SMK di UPT PTKK Ketintang, Surabaya, Senin (13/11).

Khofifah meninjau beberapa pelatihan di kelas akselerasi milenial job center (MJC) seperti web desain, desain grafis, animasi, fotografi, dan videografi. 

Kelima kompetensi keahlian itu sudah mendapatkan sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Ditjen Vokasi Kemdikbud Ristek.

Pada kelas akselerasi mandiri terdapat tata busana, tata boga, teknik pendingin, tata udara, dan tata kecantikan yang akan mengikuti kompetensi pada 15-16 November mendatang.

“Ini best of the best sehingga mendapatkan sertifikasi dari proses pendalaman selama seminggu. Ada web desain, desain grafis, animasi, dan tata boga,” kata Khofifah.

Mantan Mensos itu menyebut ada sembilan kompetensi keahlian yang sudah berstandar nasional, termasuk sarana prasarananya. Adapun tiga kompetensi yang belum berstandar nasional ada mesin bubut, otomotif, dan teknik las.

“Ketiga kompetensi itu belum berstandar nasional karena sarpras belum lengkap. Yang sudah bersertifikasi ada pengakuan dari industri yang berarti mereka punya skill bagus," ujarnya.

Dia melihat tekad para siswa saat pelatihan mengaku ingin mendirikan usaha secara mandiri, seperti tata boga dan tata busana.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mendorong siswa SMA SMK yang menjalani uji kompetensi di UPT PTKK punya kemandirian usaha.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News