Mahasiswi Unej Meninggal Saat Diklat Mapala di Pegunungan Argopuro

Minggu, 12 November 2023 – 17:12 WIB
Mahasiswi Unej Meninggal Saat Diklat Mapala di Pegunungan Argopuro - JPNN.com Jatim
Tim Basarnas membawa korban ke IGD RSD dr Soebandi Jember, Sabtu (11/11/2023). (ANTARA/HO-Basarnas Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Jasad mahasiswi Fakultas Teknik Unej Nadifa Naya Damayanti (18) yang meninggal di lereng Pegunungan Argopuro, Jember, telah dievakuasi.

Komandan Tim Evakuasi Basarnas Jember Rudi Prahara menjelaskan semula pihaknya menerima permohonan untuk evakuasi seorang mahasiswi yang membutuhkan bantuan medis pada Sabtu (11/11).

"Jadi, kami langsung menyiapkan tim dan sukarelawan untuk menuju ke lokasi," katanya, Minggu (12/11).

Korban diketahui sebelumnya mengikuti diklat dasar mahasiswa pecinta alam (mapala). Lokasi kegiatan tersebut berada di koordinat 64 A di kawasan hutan milik Perhutani di Kecamatan Arjasa, Jember.

"Lokasi mereka berada di lereng selatan Pegunungan Argopuro dan informasinya lokasi tersebut memang sering digunakan untuk kegiatan diklat mahasiswa," ujar Rudi.

Dia menjelaskan proses evakuasi berlangsung lama karena pihak panitia diklat pecinta alam itu tidak mampu membawa korban ke tempat yang sudah direncanakan untuk bertemu dengan tim Basarnas.

Beberapa anggota Tim SAR gabungan akhirnya harus naik dengan medan yang terjal untuk menjemput korban yang dalam kondisi kritis.

"Jadi, dilakukan estafet untuk membawa korban dari lokasi ke titik penjemputan hingga ke RSD dr Soebandi Jember," tuturnya.

Belum diketahui, penyakit apa yang menyebabkan mahasiswi Unej itu meninggal selama diklat pencinta alam. Korban juga tidak mengalami luka.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News